Punya prospek positif, Hasnur Internasional Shipping mantap melantai di bursa saham

Senin, 26 Juli 2021 | 20:41 WIB   Reporter: Kenia Intan
Punya prospek positif, Hasnur Internasional Shipping mantap melantai di bursa saham

ILUSTRASI. Hasnur Group, induk usaha Hasnur Internasional Shipping

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah pandemi Covid-19, PT Hasnur Internasional Shipping tetap percaya diri untuk menggelar penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO). 

Direktur Hasnur Internasional Shipping Soma Ariyaka mengungkapkan, pihaknya optimistis saham perusahaan akan menarik di mata investor. Alasannya, Hasnur Internasional Shipping memiliki integrasi vertikal dengan Hasnur Grup. Integrasi tersebut membuka peluang pertumbuhan pendapatan dari angkutan batubara. 

Asal tahu saja, Hasnur Grup sendiri memiliki konsesi sektor pertambangan seluas 3.990 hektare dengan cadangan 280 juta metrik ton (MT) berlokasi di Rantau Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Ini belum termasuk potensi kargo dari beberapa pelanggan lain yang bertetangga dengan wilayah konsesi miliki grup. 

Lebih lanjut Soma bilang, selama empat tahun terakhir Hasnur Internasional Shipping telah mengangkut 24,48 juta metrik ton (MT) kargo. Sebesar 21,56 juta MT diantaranya berasal dari permintaan Hasnur Grup atau setara 88% kontribusi. Sementara, sebesar 12% kargo lainnya berasal dari non-grup. 

Baca Juga: Ini rincian penggunaan dana IPO Hasnur Internasional Shipping

Ke depan, manajamen akan melakukan diversifikasi konsumen. Sehingga, di tahun 2025, Hasnur Internasional Shipping berharap kontribusi kargo dari non-grup bisa menyentuh 26%. 

Peningkatan komposisi ini memungkinkan terjadi mengingat perusahaan akan melakukan pengembangan di Polewali Mandar, Sulawesi Barat. 

Hal lain yang membuat emiten berbasis di Jakarta Selatan itu tetap mantap melantai di bursa adalah perusahaan memiliki integrasi dengan rantai suplai.

"Kami melakukan akuisisi perusahaan pengelola pelabuhan dan juga jasa-jasa kepelabuhan, karena jasa logistik itu supply chain akan menjadi sangat penting. Bagaimana kami mengatur sinkronisasi dari proses antara pelayaran dan angkutan," jelas Soma dalam pemaparan publik yang digelar secara virtual Senin (26/7). 

Sekadar informasi, Hasnur Internasional Shipping memang memiliki entitas anak yang bergerak di bidang jasa kepelabuhanan yakni PT Hasnur Resources Terminal dan entitas anak yang bergerak dalam kegiatan bongkar muat dan jasa kepelabuhan lainnya yaitu Hasnur Mitra Sarana.

Editor: Anna Suci Perwitasari
Terbaru