Samudera Indonesia (SMDR) mengejar pertumbuhan kinerja pada 2021

Jumat, 02 Juli 2021 | 21:46 WIB   Reporter: Ika Puspitasari
Samudera Indonesia (SMDR) mengejar pertumbuhan kinerja pada 2021

ILUSTRASI. Kapal chemical tanker PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR)


EMITEN - JAKARTA. Di tengah pandemi Covid-19 PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) mampu meningkatkan kinerja sepanjang 2020. SMDR membukukan kenaikan pendapatan perusahaan sebesar 12% dari tahun sebelumnya menjadi US$ 490,84 juta di tahun 2020.

Bani Maulana Mulia, Direktur Utama SMDR mengatakan, lini bisnis Samudera Shipping menjadi kontributor pendapatan terbesar dengan menyumbangkan 72% dari total pendapatan.

“Kami bersyukur dapat melalui tantangan operasional tahun 2020 dengan baik. Perusahaan melakukan peremajaan beberapa unit kapal dan mencatatkan kerugian atas penyesuaian nilai buku armada kapal," katanya dalam siaran pers, Jumat (2/7).

Pada tahun 2020, anggota indeks Kompas100 ini, menambah 4 unit kapal baru. Perusahaan pun sempat akan menambah satu kapal lagi namun tersebut tertunda dan bergeser pada tahun 2021.

Baca Juga: Samudera Indonesia (SMDR) menadah berkah dari kenaikan tarif layanan galangan kapal

Akan tetapi, Bani menegaskan kerugian tersebut tidak berdampak terhadap kinerja operasional maupun arus kas perusahaan. Bahkan laba operasional yang dicapai pada tahun 2020 meningkat 37% dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain itu, dalam RUPS daring yang diselenggarakan pada 30 Juni yang lalu juga disetujui pembagian dividen sebesar Rp 10,00 per saham atau total sebesar Rp 32,7 miliar.

Bani menambahkan seiring dengan pemulihan aktivitas ekonomi global yang tercermin dengan meningkatnya permintaan pelayaran peti kemas internasional, SMDR optimistis dapat menemukan peluang peningkatan kinerja di tahun 2021.

Dalam catatan Kontan.co.id, emiten ini membidik pertumbuhan pendapatan double digit pada tahun ini.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru