Simak Proyeksi IHSG dan Rekomendasi Saham untuk Senin (6/3) Hari Ini

Senin, 06 Maret 2023 | 06:30 WIB   Reporter: Yuliana Hema
Simak Proyeksi IHSG dan Rekomendasi Saham untuk Senin (6/3) Hari Ini


IHSG - JAKARTA. Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada Senin (6/3) akan dibayangi sejumlah rilis data ekonomi. Sebagai pengingat, IHSG ditutup melemah 0,64% atau turun 43,77 poin ke level 6.813,63 pada Jumat (3/3).  

Head of Research Jasa Utama Capital Sekuritas, Cheril Tanuwijaya menjelaskan pergerakan IHSG salah satunya akan ditopang oleh rilis kinerja yang positif. 

"Serta sentimen positif dari Bursa global pasca pembukaan China yang berhasil mendongkrak perekonomian China," jelas dia kepada Kontan, Minggu (5/3). 

Meski begitu investor dan pelaku pasar akan mencermati sejumlah data yang akan dirilis pekan ini. Diantaranya, pidato Jerome Powell, Gubernur The Fed, terkait kebijakan moneternya. 

Baca Juga: IHSG Tertekan 0,63% Sepekan, Masih Ada Saham-Saham yang Naik Puluhan Persen

Selain itu, investor juga akan mencermati data pengangguran di AS. Sementara dari dalam negeri, lanjut Cheril, pelaku pasar akan mencermati rilis data devisa dan Indeks Keyakinan Konsumen Indonesia (KIK). 

Head of Research Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan menjelaskan pelaku pasar juga akan mencari rilis data Neraca Perdagangan China, baik ekspor dan impor periode Januari-Februari 2023. 

Adapun Neraca Perdagangan China diperkirakan naik ke US$ 80,9 miliar. Sementara ekspor diperkirakan melambat ke 10% dari sebelumnya 9,9% dan impor diperkirakan melambat ke 5,3% dari 7,5%/

Secara teknikal, Valdy menjabarkan secara teknikal IHSG berpotensi pembentukan deathcross di Stochastic RSI, sejalan dengan pelebaran negative slope MACD.

Baca Juga: IHSG Berpotensi Menguat di Semester Kedua, Intip Saham-Saham Pilihan Berikut

"Hal ini mengindikasikan potensi pelemahan lanjutan. IHSG diperkirakan akan uji support level 6.780 pada Senin (6/3)," tutu dia. 

Untuk perdagangan Senin (6/3), Phintraco Sekuritas memilih saham SMGR, INTP, LSIP, TLKM dan EXCL menjadi top picks. Sementara, Cheril menjagokan GOTO, BUKA dan WIIM.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru