Waspadai pelemahan lanjutan IHSG pada Selasa (2/11)

Selasa, 02 November 2021 | 08:10 WIB   Reporter: Kenia Intan
Waspadai pelemahan lanjutan IHSG pada Selasa (2/11)


IHSG - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah 38,46 poin atau 0,58% menjadi 6.552,89 pada Senin (1/11). Penurunan IHSG pada perdagangan kemarin diikuti nilai transaksi yang lebih rendah daripada rata-rata harian, yakni hanya Rp 10,57 triliun.

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan mencermati, IHSG akhirnya ditutup melemah walaupun sempat menguat di awal perdagangan. Adapun penguatan di awal perdagangan itu ditopang oleh rilis data manufaktur dan inflasi yang sesuai ekspektasi. Sementara, pelemahannya diperberat oleh sikap investor yang cenderung konservatif menjelang keputusan FOMC.

Untuk perdagangan hari ini, Selasa (2/11), Dennies memperkirakan IHSG akan melanjutkan pelemahan. Level support IHSG akan berada di 6.527 hingga 6.502 dan level resistance di 6.602 hingga 6.652. 

Baca Juga: Simak rekomendasi teknikal saham MYOR, JPFA, SMGR untuk perdagangan Selasa (2/11)

"Secara teknikal indicator stochastic kembali melebar setelah membentuk deadcross mengindikasikan potensi melanjutkan pelemahan," ungkap Dennies dalam riset yang diterima Kontan.co.id, Senin (1/11). 

Dia mencermati, investor masih akan konservatif menjelang keputusan suku bunga Federal Reserve dan rilis data PDB kuartal ketiga Indonesia. Di sisi lain, pergerakan IHSG juga masih ditopang oleh rilis kinerja emiten.

Baca Juga: Proyeksi inflasi AS yang lebih kuat berpotensi melemahkan rupiah

Sementara itu, CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengungkapkan, pascarilis data inflasi, IHSG memiliki kecenderungan bergerak dalam rentang konsolidasi wajar. Potensi tekanan masih akan terlihat mengingat peluang tekanan terhadap harga komoditas masih akan terus membayangi hingga beberapa waktu mendatang. 

"Sehingga akan memberikan sentimen kurang terlalu baik terhadap emiten yang berkaitan dengan komoditas, dan hal ini tentunya dapat memberikan dampak terhadap pola gerak IHSG," ungkap William dalam riset, Senin (1/11). 

William pun memproyeksikan, pergerakan IHSG pada Selasa (2/11) berpotensi tertekan di kisaran 6.413 hingga 6.603. Beberapa saham yang bisa dicermati adalah ASRI, TLKM, EXCL, BBNI, BBCA, INDF, ITMG, HMSP, dan UNVR

Baca Juga: Wall Street mengawali bulan November dengan penguatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru