WSKT dan ADHI bakal dapat PMN di tahun depan, begini rekomendasi sahamnya

Senin, 23 Agustus 2021 | 21:00 WIB   Reporter: Sugeng Adji Soenarso
WSKT dan ADHI bakal dapat PMN di tahun depan, begini rekomendasi sahamnya

ILUSTRASI. Pemerintah akan menyuntik dana ke beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah akan menyuntik dana ke beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui mekanisme penyertaan modal negara (PMN) di tahun depan. Dua emiten BUMN Karya, PT Waskita Karya Tbk (WSKT) dan PT Adhi Karya Tbk (ADHI) telah disetujui untuk mendapatkan suntikan dana.

Mekanisme penambahan modal tersebut diproyeksikan akan dilakukan melalui penerbitan saham baru (rights issue). Analis Mirae Asset Sekuritas, Joshua Michael menilai melalui suntikan dana tersebut, gearing ratio kedua emiten berpotensi turun karena ekuitas meningkat. Namun, dia menilai rasio utang kedua BUMN Karya tersebut masih akan tinggi.

"Saat ini gearing ratio ADHI ada di sekitar 2 kali dan WSKT di sekitar 4 kali," ujar Joshua kepada Kontan.co.id, Senin (23/8).

Baca Juga: Pemerintah sediakan dana Rp 38,5 triliun untuk 7 BUMN ini pada 2022

Kendati telah direstui mendapatkan suntikan dana baru, Joshua menilai untuk saat ini prospek saham kedua emiten tersebut masih belum menarik. Sebab, belum ada katalis positif dalam waktu dekat. Dia memproyeksikan katalis positif untuk sektor konstruksi kemungkinan baru akan muncul di kuartal keempat 2021.

Direktur Asosiasi Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas, Maximilianus Nico Demus menuturkan persetujuan suntikan dana untuk kedua emiten tersebut akan menjadi salah satu sinyal positif di tengah situasi dan kondisi sektor konstruksi yang masih belum cukup baik.

Terkait perbaikan utang dari PMN yang akan didapat, Nico melihat ADHI telah berhasil meningkatkan rating utang dari Pefindo menjadi A- dengan outlook stabil. Capaian itu mengalami kenaikan dari sebelumnya negatif.

Baca Juga: Anggaran infrastruktur tahun depan masih jumbo, begini prospek saham BUMN karya

Editor: Wahyu T.Rahmawati
Terbaru