Buy saham SIDO, berikut ulasannya dari analis NH Korindo Sekuritas

Kamis, 28 Oktober 2021 | 06:10 WIB   Reporter: Hikma Dirgantara
Buy saham SIDO, berikut ulasannya dari analis NH Korindo Sekuritas

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) berhasil membukukan perolehan kinerja yang ciamik. Pada kuartal III-2021, SIDO memperoleh pendapatan Rp 1,1 triliun sehingga secara kumulatif pendapatannya mencapai Rp 2,78 triliun. Jumlah itu tumbuh 23% dibandingkan penjualan di periode yang sama tahun sebelumnya senilai Rp 2,26 triliun.

Dari sisi bottom line, Sido Muncul mampu mencetak pertumbuhan laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk hingga 35% dari sebelumnya Rp 640,81 miliar menjadi Rp 865,50 miliar per akhir September 2021.

Analis NH Korindo Sekuritas Putu Chantika mengungkapkan kinerja tersebut sudah sejalan dengan proyeksinya karena telah memenuhi 71% dari perkiraan pada tahun ini.

Menurutnya, kenaikan penjualan SIDO tidak terlepas dari permintaan suplemen imunitas yang tinggi, penjualan yang kuat dari vitamin C1000 rasa baru, varian Ready to Drink (RTD), dan produk suplemen baru.

Putu juga melihat tren positif SIDO tersebut akan kembali berlanjut pada sisa tahun ini. Ia bilang, secara historis, SIDO memang mencatatkan penjualan yang lebih tinggi di kuartal IV karena permintaan herbal naik seiring mendekati musim hujan.

Baca Juga: Menilik prospek bisnis Sido Muncul (SIDO) di sisa tahun ini

“Rasio beban A&P terhadap penjualan dan rasio opex terhadap penjualan masing-masing stabil pada 9% dan 18%, karena perusahaan mempertahankan efisiensinya. Namun, kami berharap perusahaan mengalokasikan lebih banyak pengeluaran A&P untuk mendukung penjualan di kuartal IV-2021,” kata Putu kepada Kontan.co.id, Selasa (26/10).

Editor: Yudho Winarto
Terbaru