IHSG diperkirakan lanjut melemah hari ini, saham-saham ini layak dicermati

Kamis, 16 September 2021 | 06:50 WIB   Reporter: Kenia Intan
IHSG diperkirakan lanjut melemah hari ini, saham-saham ini layak dicermati


BURSA EFEK / BURSA SAHAM -   JAKARTA. Pada hari ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi masih akan melelah. Kemarin IHSG ditutup di zona merah pada penutupan perdagangan Rabu (15/9). IHSG tercatat melorot 0,31% ke level 6.110,22. 

Mengutip data Bursa Efek Indonesia (BEI), penurunan paling dalam dirasakan oleh sektor industri hingga 0,90%. Setelahnya disusul sektor barang baku dan sektor keuangan yang menurun masing-masing 0,76% dan 0,62%. 

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan mencermati, pergerakan IHSG ditutup melemah karena investor cenderung wait and see akibat kekhawatiran tapering. Di sisi lain, turunnya kasus harian Covid-19  di Indonesia menjadi salah satu penopang pergerakan saham-saham hari ini. 

Sepengamatan Dennies, sentimen-sentimen itu masih akan berpengaruh untuk perdagangan Kamis (16/9).  IHSG diproyeksi melanjutkan pelemahan dengan level support di 6.098 hingga 6.086 dan level resistance di 6.123 hingga 6.136. 

Baca Juga: Proyeksi IHSG dan saham yang layak dicermati pada perdagangan Kamis (16/9)

"Secara teknikal pergerakan masih cukup terbatas dan akan menguji support kuat MA50 dan diperkirakan akan rebound setelahnya," ujarnya dalam riset yang terima Kontan.co.id, Rabu (15/9). 

Sementara itu,  CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mencermati, pergerakan IHSG masih terlihat akan melemah. Hingga saat ini, IHSG tampak masih berada dalam fase konsolidasi jangka panjang dikarenakan masih minimnya sentimen yang dapat mengerek kenaikan IHSG. 

"Sedangkan capital inflow belum terlihat akan bertumbuh secara signifikan, hal ini cukup menjadi tantangan untuk dapat mendorong kenaikan IHSG," jelasnya dalam riset yang diterima Kontan.co.id, Rabu (15/9). 

 

 

Adapun untuk perdagangan Kamis (16/9), ia memperkirakan IHSG berpotensi terkonsolidasi dengan level 5.969 hingga 6.202. Beberapa saham yang dicermatinya seperti AALI, INDF, TLKM, ITMG, CTRA, WIKA, dan BMRI

Selanjutnya: Rekomendasi teknikal untuk saham PGAS, SRTG, dan MDKA di perdagangan Kamis (16/9)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru