Indeks Saham BUMN Naik, Saham BUMN Apa yang Masih Menarik?

Senin, 27 Februari 2023 | 05:30 WIB   Reporter: Aris Nurjani
Indeks Saham BUMN Naik, Saham BUMN Apa yang Masih Menarik?


REKOMENDASI SAHAM - JAKARTA. Harga saham emiten BUMN menggeliat di tahun ini. Tercermin dari indeks IDX BUMN20 yang menguat 0,46% secara year to date (ytd) hingga Jumat (24/2). Serta indeks IDX-MES BUMN17 yang naik 2,15% sejak awal tahun ini.

Research Analyst Infovesta Kapital Advisori Arjun Ajwani menilai kinerja IDX-MES BUMN 17 dan IDX BUMN 20 secara YTD dari awal tahun ini itu lebih baik dibandingkan dengan kinerja IHSG dan beberapa indeks saham sektoral.

"Emiten yang berada di indeks MES BUMN 17 dan BUMN 20 ada beberapa yang prospektif tahun ini dan layak dikoleksi," ujarnya kepada Kontan.co.id, Minggu (26/2).

Baca Juga: Kinerja Meningkat, Berikut Rekomendasi Saham Matahari Department Store (LPPF)

Diantara emiten BUMN, Arjun merekomendasikan BRIS yang memiliki kinerja keuangan cukup solid, terlihat dari pertumbuhan laba bersih pada kuartal IV-2022 dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain itu, berdasarkan valuasi PER dan PBV, BRIS masih undervalued dibandingkan sama rata-rata emiten perbankan.

Selain BRIS, Arjun menjagokan ANTM yang mempunyai fundamental sangat solid. Selain itu, outlook ke depannya nikel cukup bagus karena kegunaannya cukup tinggi dan harga emas masih memiliki potensi naik lebih tinggi di tahun ini.

Tak cuma itu, saham ANTM undervalued dibandingkan sama rata-rata emiten di sektor barang baku padahal emiten besar big cap

Arjun melihat prospek saham-saham BUMN ke depannya tergantung berdasarkan sektor dan industri masing-masing.

Baca Juga: Yuk, Mengeker Prospek Saham Lapis Kedua dan Saham Jagoan Analis!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru