Kas Tebal, United Tractors (UNTR) Perpanjang Periode Buyback Saham

Rabu, 12 Oktober 2022 | 13:12 WIB   Reporter: Akhmad Suryahadi
Kas Tebal, United Tractors (UNTR) Perpanjang Periode Buyback Saham

ILUSTRASI. United Tractors (UNTR) melanjutkan anggaran Rp 5 triliun untuk buyback saham dalam tiga bulan ke depan.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT United Tractors Tbk (UNTR) akan memperpanjang periode pembelian kembali alias buyback saham. Anak usaha PT Astra International Tbk (ASII) ini bermaksud untuk memperpanjang jangka waktu pembelian kembali saham selama tiga bulan sejak 11 Oktober 2022.

Perpanjangan periode ini seiring berakhirnya periode pembelian kembali saham UNTR yang disampaikan dalam keterbukaan informasi tertanggal 12 Juli 2022, yaitu pada tanggal 12 Oktober 2022. Selain itu, perpanjangan periode buyback ini juga dengan menimbang masih terdapatnya sejumlah saham yang dapat dibeli kembali oleh UNTR dari ketentuan jumlah maksimal pembelian kembali saham

Sehingga, perpanjangan pertama periode buyback ini akan berlangsung mulai 12 Oktober 2022 sampai dengan 11 Januari 2023. Manajemen UNTR berkeyakinan bahwa pelaksanaan pembelian kembali saham  tidak akan memberikan pengaruh negatif terhadap kinerja dan pendapatan. 

Baca Juga: Rekomendasi Saham United Tractors (UNTR) yang Membagi Dividen Interim Rp 3 Triliun

“Karena saldo laba dan arus kas UNTR  yang tersedia saat ini sangat mencukupi untuk kebutuhan dana pelaksanaan pembelian kembali saham,” tulis Sekretaris Perusahaan United Tractors Sara K. Loebis dalam keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia, Rabu (12/10).

Berdasarkan laporan keuangan semester pertama 2022, UNTR memiliki kas dan setara kas total Rp 39,13 triliun. UNTR akan membayarkan dividen interim tahun 2022 sebesar Rp 3,05 triliun pada 24 Oktober 2022.

Dengan penurunan dari pembayaran dividen interim tersebut, UNTR masih akan memiliki kas yang tebal untuk bekal buyback saham.

Baca Juga: Harga Batubara Tinggi, Kinerja Astra International (ASII) Semakin Berseri

Sebagai informasi, penjual alat berat merk Komatsu ini akan melakukan buyback dengan jumlah sebanyak-banyaknya sebesar Rp 5 triliun. Buyback tidak akan melebihi 20% dari modal disetor dan paling sedikit saham yang beredar adalah 7,5%.

Pembelian kembali saham akan dilakukan manajemen UNTR dengan harga yang dianggap baik dan wajar dengan memperhatikan ketentuan yang berlaku.

United Tractors berharap, pembelian kembali saham dapat menstabilkan harga saham UNTR dalam kondisi pasar yang fluktuatif, selain memberikan keyakinan kepada investor atas nilai saham UNTR secara fundamental. Pembelian kembali saham juga memberikan fleksibilitas bagi UNTR dalam mengelola modal jangka Panjang, dimana saham treasuri dapat dijual di masa yang akan datang dengan nilai yang optimal jika UNTR memerlukan penambahan modal.

Baca Juga: Penjualan Naik dan Bagi Dividen Interim, Cek Rekomendasi Saham United Tractors (UNTR)

 

 

Berdasarkan laporan pemegang efek, jumlah saham UNTR dengan kepemilikan kurang dari 5% mencapai 1,51 miliar saham atau setara dengan 40,50% dari modal disetor. Sedangkan 59,50% saham UNTR dimiliki oleh PT Astra International Tbk (ASII).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru