Kinerja Mitra Pinasthika (MPMX) Meningkat pada Tahun Lalu, Ini Pendorongnya

Jumat, 01 April 2022 | 06:15 WIB   Reporter: Ika Puspitasari
Kinerja Mitra Pinasthika (MPMX) Meningkat pada Tahun Lalu, Ini Pendorongnya


EMITEN - JAKARTA. PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) mencatatkan kinerja solid pada tahun 2021. Emiten ini membukukan pendapatan konsolidasi senilai Rp12,9 triliun, mengalami kenaikan tahunan sebesar 15%.

Dengan kenaikan pendapatan tersebut, MPMX meraih laba bersih sebesar Rp 412 miliar bertumbuh 208% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Suwito Mawarwati, Group Chief Executive Officer MPMX mengatakan, pertumbuhan kinerja perusahaan pada tahun lalu tak lepas dari berbagai upaya yang dilakukan. Misalnya dengan transformasi digital sebagai respon atas perubahan perilaku konsumen yang dinamis dan bergerak ke arah digitalisasi.

“Kami telah melakukan berbagai inovasi digital baik untuk penyempurnaan proses bisnis maupun diversifikasi produk, diantaranya online claim portal untuk MPMInsurance, Brompit di MPMulia, dan adanya lelang online di AUKSI hingga peluncuran produk digital terbaru yaitu OtoDeals,” jelasnya dalam keterangan tertulis, Kamis (31/3).

Baca Juga: Kegiatan Usahanya Dibekukan, Danasupra Erapacific (DEFI) Berupaya Penuhi Kewajiban

Dengan mengedepankan kompetensi digital, menyediakan produk dan pengalaman konsumen terbaik melalui eksekusi yang efektif disertai dengan konsistensi disiplin cost leadership yang tinggi mendorong pertumbuhan kinerja perusahaan.

Jika melihat segmen distribusi, ritel dan aftermarket mencatat peningkatan pendapatan sebesar 18,7% dan berkontribusi sebesar 90% dari total pendapatan konsolidasi yang didorong oleh pertumbuhan penjualan yang kuat dari pasar kendaraan roda dua secara nasional.

MPMulia berhasil menjual sepeda motor sebesar 646 ribu unit meningkat 16% dari tahun sebelumnya. Selama tahun 2021, Suwito bilang, MPMulia berupaya memaksimalkan kolaborasi antara main dealer, dealer, dan perusahaan pembiayaan untuk menunjang penjualan.

Segmen Transportasi yaitu MPMRent mengalami penurunan pendapatan sebesar 7% dibandingkan tahun lalu, dimana sebagian besar disebabkan karena berkurangnya kontribusi unit penjualan mobil bekas.

Baca Juga: Laba Bersih Gudang Garam (GGRM) Turun 26,7% Sepanjang 2021

Di tahun 2021 AUKSI anak perusahaan MPMRent meluncurkan lelang online yang berdampak pada peningkatan marjin penjualan mobil bekas yaitu sebesar 23%, lebih tinggi dari target yang dicanangkan yaitu 20%.

Sementara itu, segmen asuransi MPMInsurance mencatat pertumbuhan gross premium sebesar 29%, namun masih membukukan penurunan pendapatan sebesar 9%. Hal ini dikarenakan berkurangnya kontribusi dari premi produk asuransi kendaraan yang memang mengalami penurunan di tahun 2021, walaupun adanya pertumbuhan dari produk asuransi lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru