Mirae: MAP Aktif Adiperkasa (MAPA) paling diuntungkan dari pembukaan mal

Senin, 27 September 2021 | 15:20 WIB   Reporter: Akhmad Suryahadi
Mirae: MAP Aktif Adiperkasa (MAPA) paling diuntungkan dari pembukaan mal

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah telah memutuskan untuk melonggarkan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sejak 21 September 2021. Relaksasi ini memungkinkan anak-anak di bawah usia 12 tahun untuk masuk ke pusat perbelanjaan.

Untuk membuktikan dampak relaksasi ini, Tim Mirae Asset Sekuritas melakukan pengecekan lapangan (ground check) ke tiga mal di Jakarta. Pertama, Kota Kasablanka dan Grand Indonesia sebagai mal dengan target segmen masyarakat menengah ke atas.

Kedua, Cityplaza Jatinegara sebagai mal dengan segmentasi masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah.

Baca Juga: Tembus Rp 514 triliun, nilai transaksi Mirae Asset Sekuritas lampaui tahun 2020

Ground check yang dilakukan pada hari Sabtu (25/9) ini juga sebagai upaya pembuktian laporan Google mengenai mobilitas masyarakat saat Covid-19, yang menunjukkan pemulihan mobilitas ke sektor retail dan rekreasi.

Analis Mirae Asset Sekuritas Hariyanto Wijaya, Emma A. Fauni, dan Rizkia Darmawan melaporkan lalu lintas pengunjung ke mal telah mengalami peningkatan secara signifikan.

Mirae Asset menilai, naiknya jumlah pengunjung pusat perbelanjaan tidak terlepas dari relaksasi kebijakan pemerintah yang mengizinkan anak-anak di bawah usia 12 tahun untuk masuk mal.

Selain itu, kepercayaan masyarakat untuk melakukan mobilitas juga naik seiring kasus harian Covid-19 di Indonesia yang telah turun secara signifikan.

Mirae melihat lalu lintas pengunjung ke toko ritel telah meningkat, dengan toko makanan atau food and beverage (F&B) dan toko peralatan olahraga mengalami peningkatan paling signfikan.

Baca Juga: Net buy asing Rp 73 miliar, IHSG melemah 0,38% ke 6.121,6 pada sesi pertama (27/9)

Oleh karena itu, PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) dinilai menjadi emiten yang menjadi penerima manfaat terbesar dari peningkatan lalu lintas pengunjung ke mal.

Saham MAPA sebagai salah satu saham pilihan utama (top picks) Mirae Asse karena pendapatan MAPA pada kuartal IV-2021 dinilai akan solid.

”MAPA menjadi salah satu penerima manfaat dari adanya konsumsi masyarakat berpenghasilan menengah ke atas di tengah pembatasan penerbangan internasional di akhir tahun ini,” tulis Hariyanto, Emma, dan Rizkia dalam riset, Senin (27/9).

Mirae Asset mempertahankan top picks bulanan yakni saham sektor bank, retailer, properti, pertambangan batubara, dan pertambangan nikel.

Sejumlah saham yakni BBNI, BMRI, BTPS, MAPA, BSDE, ITMG, ANTM, dan INCO menjadi top picks Mirae Asset bulan ini. Saham MAPA dan BSDE menjadi proxy peningkatan lalu lintas pengunjung ke pusat perbelanjaan.

 

 

Editor: Yudho Winarto
Terbaru