Nilai transaksi Mirae Asset Sekuritas terbesar mencapai Rp 530,36 triliun

Jumat, 08 Oktober 2021 | 06:05 WIB   Reporter: Kenia Intan
Nilai transaksi Mirae Asset Sekuritas terbesar mencapai Rp 530,36 triliun


IHSG -  JAKARTA. Sepanjang sembilan bulan pertama tahun 2021, PT Mirae Asset Sekuritas mencetak nilai transaksi Rp 530,36 triliun. Ini menjadikan Mirae Asset Sekuritas menempati posisi pertama perusahaan efek dengan nilai transaksi saham terbesar di Bursa Efek Indonesia (BEI), sekaligus mendominasi bursa saham domestik. 

Adapun pangsa pasar Mirae Asset Sekuritas tercatat 10,99% dari total transaksi bursa yang mencapai Rp 4.824 triliun. Nilainya berselisih Rp 189,68 triliun dari sekuritas yang berada di posisi kedua.

Asal tahu saja, sekuritas di peringkat kedua mencatatkan nilai transaksi Rp 340,67 triliun dan di peringkat ketiga mencatatkan transaksi Rp 285,93 triliun. Masing-masingnya memiliki pangsa pasar 7,06% dan 5,93% dari total transaksi di bursa.

Manajemen Mirae Asset Sekuritas  mengungkapkan, keunggulan di pasar saham domestik tidak lepas dari transaksi nasabah, terutama dengan hadirnya kompetisi trading saham online terbesar di Indonesia yaitu HOTS Championship setiap tiga bulanan. 

Baca Juga: Bisnis perbankan diramal membaik, ini rekomendasi saham BBNI, BMRI, BBRI hingga BBCA

"Kompetisi tersebut turut membuat nasabah perusahaan efek itu lebih aktif bertransaksi untuk belajar sekaligus mendapatkan keuntungan bertransaksi yang maksimal," jelas manajemen dalam keterangan resmi yang diterima Kontan, Kamis (7/10). 

Lebih lanjut dijelaskan, pada semester I 2021, HOTS Championship Season 3 digelar pada 8 Februari hingga 10 Maret dan HOTS Championship Season 4 digelar pada 31 Mei hingga 2 Juli 2021. Gelaran teranyar adalah HOTS Championship Season 5 yang baru selesai pada 24 September 2021.

Sekadar informasi, tahun lalu, Mirae Asset Sekuritas menjadi perusahaan efek terbesar di dalam negeri dari sisi nilai transaksi saham, yaitu Rp 410 triliun. Capaian itu melesat 97% dibanding tahun 2019. Per September 2021, rata-rata modal kerja bersih disesuaikan (MKBD) perusahaan dicatatkan Rp 1,78 triliun. 

Adapun Mirae Asset Sekuritas Indonesia adalah perusahaan efek anak usaha Mirae Asset Securities Co. Ltd, yang tergabung ke dalam salah satu kelompok usaha jasa keuangan non-bank terbesar di Korea Selatan yaitu Mirae Asset Financial Group. Grup usaha itu memiliki dana kelolaan sekitar US$ 550 miliar atau setara Rp 8.000 triliun pada akhir tahun lalu. 

Mirae Asset Sekuritas Indonesia didirikan sejak 1990 dengan nama PT eTrading Securities. Setelah beberapa kali pergantian pemilik dan nama pada 2016, Mirae Asset Securities Co. Ltd. yang juga salah satu perusahaan efek terbesar di Korea Selatan, menjadi pemegang saham Mirae Asset Sekuritas Indonesia dan mengubah namanya hingga menjadi seperti sekarang. 

Selanjutnya: Prospek bisnis perbankan diperkirakan akan membaik, simak rekomendasi sahamnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru