OJK didesak memerintahkan Bakrie Development (ELTY) mencari pengendali

Kamis, 24 Juni 2021 | 05:50 WIB   Reporter: Dityasa H. Forddanta
OJK didesak memerintahkan Bakrie Development (ELTY) mencari pengendali


PROPERTI - JAKARTA. Upaya pemegang saham PT Bakrie Development Tbk (ELTY) untuk mencari pengendali emiten properti tersebut belum berhenti. Pemegang saham yang tergabung dalam Forum Pemegang Saham ELTY (Forty) ini kembali mengajukan sejumlah usulan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ketua Forty Deni Amris mengatakan, pihaknya telah menyiapkan setidaknya dua usulan. Pertama, Forty meminta OJK untuk memberikan prioritas manajemen ELTY mencari pengendali utama. 

Kemudian, Forty tengah mengumpulkan proxy untuk merombak jajaran manajemen ELTY. Proxy yang dibutuhkan setidaknya 30%.

Baca Juga: Fitch Ratings Tarik Peringkat Bank Permata (BNLI)

"Poin pertama adalah tanggung jawab OJK untuk melindungi investor dan mewajibkan emiten memiliki pengendali," ujar Deni, Rabu (23/6). Sedang poin kedua merupakan rencana cadangan.

Poin kedua bakal dieksekusi jika OJK tidak mampu membuat ELTY memiliki pengendali. Poin ini juga disiapkan sebagai rencana cadangan jika manajemen ELTY enggan memenuhi permintaan OJK.

"Jika ELTY tidak koperatif, mau tidak mau kami akan menggunakan poin kedua, ambil alih ELTY. Dengan belum adanya restu RUPS ketiga, legitimasi direksi dan komisaris lemah dan berpotensi mengganggu kesehatan perusahaan di masa mendatang," terang Deni.

Dia menambahkan, OJK telah mencatat usulan tersebut. KONTAN telah meminta tanggapan terkait langkah lanjutan yang bakal OJK ambil, namun belum ada tanggapan hingga berita ini diturunkan.

Selanjutnya: Bumi Resources (BUMI) raih penghargaan Green Elite untuk penurunan emisi korporasi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru