Bursa

Pekan lalu merosot, bagaimana prospek IHSG sepekan ke depan?

Minggu, 24 Januari 2021 | 19:42 WIB   Reporter: Ika Puspitasari
Pekan lalu merosot, bagaimana prospek IHSG sepekan ke depan?

ILUSTRASI. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak melemah pada pekan lalu.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak melemah pada pekan lalu. Pada perdagangan Jumat (22/1) IHSG jatuh 1,66% ke level 6.307,13. Selama sepekan, IHSG merosot 1,04%.

Head of Investment Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana mengatakan, IHSG mengalami koreksi yang wajar lantaran sudah menguat cukup signifikan pada Januari 2021. Sehingga, apabila ada koreksi sebesar 1% hingga 2% masih terbilang wajar dan saat ini valuasi IHSG juga sudah tak murah lagi.

Ada sejumlah katalis yang dapat menggerakan IHSG pada pekan depan. Misalnya, Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed akan menyelenggarakan Federal Open Market Committee (FOMC) Meeting. Ia memperkirakan, tidak ada perubahan suku bunga acuan dalam FOMC Meeting kali ini.

“Saya rasa belum bisa hawkish karena kondisi kesehatannya masih cukup belum clear program vaksinasi itu seperti apa, jadi kalau hawkish belum akan terjadi pada tahun ini,” ungkapnya, Minggu (24/1).

Baca Juga: IHSG diproyeksi menguat terbatas pada perdagangan Senin (25/1), ini pemicunya

Wawan memperkirakan, IHSG masih akan cenderung sideways sampai ada berita positif lagi. IHSG juga akan cenderung gampang terkorekasi jika ada katalis negatif.

Terlebih, kata Wawan, adanya ketidakpastian proyeksi pertumbuhan pendapatan emiten pada tahun ini juga membanyangi pergerakan IHSG. Sehingga, ia memproyeksi IHSG akan coba bertahan di level support 6.300 pada pekan depan.

“Tapi kalau itu tembus dan bertahan di level 6.200, menurut saya cukup baik. Sedangkan resisten di level 6.400, kalau mau tambus level itu harus ada katalis positif yang menjadi trigger,” paparnya.

Adapun sentimen yang bisa menjadi katalis positif untuk pergerakan IHSG seperti kebijakan atau stimulus yang akan dikeluarkan oleh pemerintah dan trobosan program vaksinasi Covid-19.

 

Selanjutnya: Besok IHSG diramal melanjutkan pelemahan, pantau saham-saham ini

 

Editor: Khomarul Hidayat


Terbaru