Wall Street Ditutup Mixed Usai Yield US Treasury Turun

Selasa, 24 Oktober 2023 | 08:00 WIB Sumber: Reuters
Wall Street Ditutup Mixed Usai Yield US Treasury Turun

ILUSTRASI. dua dari tiga indeks utama pada Wall Street ditutup melemah pada perdagangan awal pekan ini (23/10)


WALL STREET - NEW YORK. Wall Street ditutup mixed dengan dua indeks utama melemah pada perdagangan awal pekan ini. Sentimen datang karena yield US Treasury tenor acuan turun dan investor mengalihkan fokus ke rilis kinerja dan data ekonomi yang diawasi dengan ketat.

Senin (23/10), indeks Dow Jones Industrial Average ditutup melemah 0,58% menjadi 32.936,41, indeks S&P 500 turun 0,17% ke 4.217,04 dan indeks Nasdaq Composite naik 0,27% ke 13.018,33.

Dari 11 sektor utama di S&P 500, sektor layanan komunikasi mencatatkan kenaikan terbesar. Sedangkan sektor energi mengalami persentase penurunan terbesar pada sesi ini.

Indeks Nasdaq yang sarat saham sektor teknologi berhasil ditutup menguat pada sesi ini. Di sisi lain, indeks Dow Jones Industrial Average mencatat penurunan harian keempat berturut-turut.

Baca Juga: Imbal Hasil Obligasi AS Sentuh 5%, S&P 500 dan Nasdaq Dekati Level Terendah

“Ceritanya terus berlanjut mengenai suku bunga, dan sampai batas tertentu beralih dari 'lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama' menjadi 'seberapa tinggi untuk berapa lama lagi?'” kata Oliver Pursche, wakil presiden senior di Wealthspire Advisors di New York.

“Pasar telah menerima gagasan bahwa The Fed tidak akan menurunkan suku bunga dalam waktu dekat.”

Nasdaq yang sarat teknologi memperoleh kenaikan terbesar di antara indeks-indeks utama Wall Street, sementara saham-saham blue-chip Dow secara nominal lebih rendah.

Indeks S&P 500 terlihat ditutup di bawah rata-rata pergerakan 200 hari, level teknis yang diawasi ketat, untuk sesi kedua berturut-turut.

Minggu depan, diperkirakan akan menjadi minggu yang penting karena ada rilis kinerja laporan keuangan dari hampir sepertiga perusahaan pada indeks S&P 500.

Hal ini termasuk penggerak momentum megacap, termasuk Microsoft Corp, Alphabet Inc, Meta Platforms Inc dan Amazon.com , serta industri-industri besar seperti General Motors Co, Ford Motor Co dan Boeing Co.

"Dengan hampir sepertiga dari laporan S&P minggu ini, investor berharap 'tujuh perusahaan luar biasa' ini akan memberikan kejutan positif," kata Sam Stovall, kepala strategi investasi CFRA Research di New York.

Sejauh ini, 86 perusahaan di indeks S&P 500 telah membukukan pendapatan. Dari jumlah tersebut, 78% telah melampaui ekspektasi, data LSEG menunjukkan.

Analis melihat pendapatan agregat S&P 500 untuk periode Juli-September tumbuh 1,2% secara tahunan, sedikit di bawah pertumbuhan 1,6% yang diproyeksikan pada awal bulan, menurut LSEG.

Di sisi lain, Departemen Perdagangan AS pada hari Kamis (26/10) akan mengumumkan produk domestik bruto kuartal ketiga, yang diperkirakan meningkat menjadi 4,3%.

Baca Juga: IHSG Merosot 1,57% ke Level 6.741pada Awal Pekan, Ini Penjelasan Analis

Laporan Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) yang komprehensif, yang akan dirilis pada hari Jumat (27/10), diperkirakan menunjukkan inflasi utama tahunan dan inflasi inti masing-masing turun menjadi 3,4% dan 3,7%.

“The Fed ingin memperlambat inflasi lebih cepat dibandingkan memperlambat pertumbuhan ekonomi, dan mereka melakukan hal tersebut,” tambah Pursche. “Itulah definisi klasik dari soft landing.”

Gejolak geopolitik juga menjadi perhatian, di mana para pelaku pasar mencari tanda-tanda potensial bahwa konflik Israel-Hamas dapat meluas atau meningkat.

Pada sesi ini, saham Walgreens Boots Alliance melonjak 3,3% setelah J.P. Morgan meningkatkan operator jaringan apotek menjadi "kelebihan berat badan" dari "netral."

Sedangkan saham Chevron turun 3,7% setelah perusahaan tersebut mengatakan akan membeli saingannya yang lebih kecil, Hess Corp dalam kesepakatan seluruh saham senilai US$ 53 miliar. Hess merosot 1,1%.

Saham perusahaan ilmu pertanian FMC anjlok 13,2% setelah perusahaan menurunkan panduan kuartal ketiganya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru