Bursa

Reksadana berbasis saham jadi incaran investor sepanjang bulan April 2021

Rabu, 12 Mei 2021 | 23:00 WIB   Reporter: Hikma Dirgantara
Reksadana berbasis saham jadi incaran investor sepanjang bulan April 2021

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dana kelolaan atau assets under management (AUM) industri reksadana tercatat mengalami kenaikan dalam sebulan terakhir. Berdasarkan data yang baru dirilis Infovesta Utama, AUM industri reksadana naik Rp 1,99 triliun sepanjang bulan April 2021

Alhasil, dana kelolaan industri reksadana hingga akhir bulan lalu sebesar Rp 543,126 triliun dari yang sebelumnya hanya Rp 541,27 triliun per Maret.

Direktur Avrist Asset Management Farash Farich mengatakan, kenaikan AUM pada bulan ini ditunjang dua faktor. Pertama, naiknya dana kelolaan dibantu oleh dengan kenaikan harga obligasi sepanjang bulan April.

Baca Juga: Hingga April 2021, return unitlink pendapatan tetap paling tinggi

Hal ini tidak terlepas dari mulai stabilnya yield US Treasury yang pada akhirnya membuat yield SUN acuan 10 tahun mengalami penguatan yang signifikan.

“Selain itu, pasar saham pada bulan lalu kondisinya cenderung sideways setelah cukup tertekan pada Maret. Nah momentum tersebut dimanfaatkan oleh investor untuk masuk lagi ke pasar saham ketika valuasinya sedang murah, tercermin dari dana kelolaan reksadana berbasis saham yang naik,” jelas Farash kepada Kontan.co.id, Senin (10/5).

Pada bulan April kemarin, tercatat reksadana berbasis saham berhasil membukukan kenaikan dana kelolaan paling tinggi. Reksadana campuran tercatat mengalami kenaikan 2,83% menjadi Rp 25,36 triliun. Sementara reksadana saham berhasil mengalami pertumbuhan AUM sebesar 2,78% menjadi Rp 123,21 triliun.

Editor: Handoyo .
Terbaru