Semen Merah Putih (CMNT) membidik target dana IPO hingga Rp 1,74 triliun

Selasa, 10 Agustus 2021 | 07:50 WIB   Reporter: Akhmad Suryahadi
Semen Merah Putih (CMNT) membidik target dana IPO hingga Rp 1,74 triliun


EMITEN - JAKARTA. PT Cemindo Gemilang Tbk yang akan menggelar initial public offering (IPO). Mengutip prospektus yang dimuat di laman e-IPO, Senin (9/8), produsen semen Merah Putih ini akan melepas sebanyak-banyaknya 2,71 miliar saham baru. Jumlah ini setara 15% dari modal ditempatkan dan disetor setelah penawaran umum perdana saham.

Harga penawaran yang dipasang calon emiten yang akan menggunakan kode saham CMNT ini berkisar antara Rp 600 sampai dengan Rp 800 per saham. Artinya, Cemindo Gemilang bisa meraup dana antara Rp 1,30 triliun hingga Rp 1,74 triliun dari aksi korporasi ini.

CMNT akan menggunakan seluruh dana dari penawaran umum perdana saham setelah dikurangi biaya-biaya emisi saham untuk lima keperluan. Pertama, sekitar 58% akan digunakan oleh CMNT untuk modal kerja. Kedua, sekitar 17% akan digunakan untuk pembayaran atas sebagian pokok utang dari pinjaman sindikasi.

Baca Juga: Trimegah AM tambahkan saham BUKA ke portofolio reksadananya

Ketiga, sekitar 11% akan digunakan oleh CMNT untuk pembayaran sebagian utang kepada Sinoma International Engineering Co Ltd. Keempat, sekitar 8%  akan digunakan untuk belanja modal atau capital expenditure (capex). Kelima, sekitar 6%  akan digunakan untuk pembayaran sebagian utang kepada PT Sinoma Engineering Indonesia.

PT Mandiri Sekuritas, UBS Sekuritas Indonesia, PT Ciptadana Sekuritas Asia berperan sebagai penjamin emisi efek. Sementara yang berperan sebagai penjamin pelaksana emisi efek adalah PT Mandiri Sekuritas dan PT Ciptadana Sekuritas Asia.

Masa penawaran umum diperkirakan berlangsung 31 Agustus–2 September 2021. Sementara tanggal pencatatan di BEI diperkirakan pada 6 September 2021.

Baca Juga: Strategi Emiten Semen: SMBR Menambah Produk, INTP dan SMGR Memacu Efisiensi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru