Tarif Internet di Indonesia Tergolong Murah Dibanding Negara Lain

Selasa, 29 Agustus 2023 | 06:45 WIB   Reporter: Dimas Andi
Tarif Internet di Indonesia Tergolong Murah Dibanding Negara Lain


EMITEN - JAKARTA. Emiten telekomunikasi, PT XL Axiata Tbk (EXCL) menyatakan tarif internet di Indonesia masih tergolong murah dibandingkan dengan tarif layanan sejenis di negara-negara lain.

Group Head Corporate Communications XL Axiata, Retno Wulan, mengatakan tarif layanan data di Indonesia saat ini masih tergolong murah dibandingkan dengan tarif layanan sejenis di negara-negara lain. Hal tersebut tentunya juga akan berdampak terhadap pertumbuhan dan keberlanjutan industri saat ini dan ke depannya.

"Menurut kami, penting untuk menjaga agar tarif layanan data saat ini berada pada level yang optimal, sehingga kualitas layanan data yang ditawarkan atau disediakan bagi masyarakat juga akan semakin meningkat," kata Retno saat dihubungi Kontan.co.id, Senin (28/8).

Retno menyampaikan, dengan menjaga tarif layanan data berada pada level yang optimal hal itu tentunya akan berdampak terhadap bisnis operator di Indonesia karena tidak adanya playing field yang sama antara OTT tersebut dengan operator yang ada.

Baca Juga: Tonggak Baru Kolaborasi XL Axiata Indonesia & Huawei lewat Strategy Alignment Summit

Oleh karena itu, lanjut Retno. perlu adanya pengaturan yang lebih kuat dari regulator untuk mengatur layanan yang diberikan oleh pelaku usaha melalui internet (OTT ) baik yang mensubtitusi layanan telekomunikasi maupun layanan OTT lainnya.

Bentuk pengaturan yang kuat tersebut diharapkan menciptakan kerja sama yang fair antara penyelenggara telekomunikasi dengan OTT, dengan mempertimbangkan kepentingan masyarakat sebagai pengguna utama. 

Retno menuturkan, saat ini masyarakat memang mendapatkan beragam penawaran layanan data dari berbagai operator dengan harga yang variative sesuai dengan jenis paket layanan.

"Kami berharap hal tersebut tidak mendorong adanya perlombaan untuk memberikan tarif yang semakin murah, karena dampaknya tentunya akan merugikan semua pihak, baik pelanggan atau masyarakat sebagai pengguna dan juga operator dan industri telekomunikasi secara keseluruhan," ujar Retno.

 

 

"Kami harapkan ke depannya seluruh operator dapat menjaga tarif yang sehat tanpa adanya perang harga, namun masih terjangkau bagi seluruh masyarakat," sambungnya.

Retno menambahkan, XL Axiata fokus untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat dengan memberikan beragam pilihan paket layanan data sesuai kebutuhan dengan harga yang kompetitif selaras dengan komitmen perusaahan untuk terus mendukung terciptanya industri telekomunikasi yang sehat di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru