Terkoreksi 200 Poin, Analis Tetap Rekomendasi Beli Saham ICBP, Simak Ulasannya

Senin, 04 Juli 2022 | 08:30 WIB   Reporter: Adi Wikanto, Hikma Dirgantara
Terkoreksi 200 Poin, Analis Tetap Rekomendasi Beli Saham ICBP, Simak Ulasannya


REKOMENDASI SAHAM - Jakarta. Bursa Efek Indonesia (BEI) segera membuka jam perdagangan saham edisi hari ini, Senin 4 Juli 2022. Sebelum memulai transaksi, simak rekomendasi saham pilihan untuk trading hari ini Senin 4/6/2022.

Harga saham PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) terkoreksi cukup dalam pada perdagangan hari Jumat 1 Juli 2022. Analis melihat, penurunan harga saham ICBP tersebut menjadi kesempatan bagus untuk membelinya.

Harga saham ICBP pada perdagangan Jumat 1 Juli 2022 ditutup di level 9.350 turun 200 poin atau 2,09% dibandingkan dengan hari sebelumnya.

Selama perdagangan 30 hari terakhir, harga saham ICBP naik 700 poin. Dengan demikian, keuntungan saham ICBP dari kenaikan harga sebulan terakhir mencapai 8,09%.

Meski harga saham ICBP melorot tajam pada akhir pekan lalu, Panin Sekuritas menyematkan rating beli untuk saham ICBP dengan target harga Rp 11.300 per saham. Target harga saham ICBP tersebut mencerminkan PE 19,8x di 2022, atau setara dengan -0,3x std. dev rata-rata PE 5 tahun terakhir.

Rekomendasi beli saham ICBP ini lantaran perusahaan diyakini mampu melewati tahun ini dengan kinerja yang solid. Kinerja emiten consumer ini dinilai akan ditopang oleh pertumbuhan positif dari Pinehill serta kemampuannya untuk menaikkan Average Selling Price (ASP).

Baca Juga: Simak Rekomendasi Saham dari Sejumlah Analis untuk Perdagangan Hari Ini (4/7)

Tim riset Panin Sekuritas dalam risetnya pada 1 Juli menuliskan, lewat Pinehill, ICBP berhasil mencatatkan pertumbuhan penjualan di negara Timur Tengah dan Afrika sebesar 25% secara year on year pada kuartal I-2022.

Dengan potensi pangsa pasar yang masih luas, Pinehill dinilai masih bisa melanjutkan tren positif sehingga bisa mendongkrak kinerja ICBP.

Selain itu, dari dalam negeri, ICBP juga akan diuntungkan oleh mobilitas masyarakat yang mencatatkan perbaikan sehingga bisa mendorong daya beli. Di satu sisi, ICBP yang merupakan pemimpin market share di segmen mi instan, membuatnya lebih fleksibel untuk menaikkan ASP ke depan. 

Adapun, hingga Juni 2022, rata-rata ASP mi instan ICBP sudah naik 8%-9%, padahal sepanjang 2021 kemarin kenaikan ASP hanya sebesar 6%-8%. Menurut tim riset Panin Sekuritas, hal ini akan mampu meredam efek kenaikan harga komoditas bahan baku.

Seiring dengan posisi ICBP sebagai pemimpin market share, tim riset Panin Sekuritas memperkirakan perseroan akan mampu mempertahankan blended gross margin pada level 34% untuk tahun ini.

“Hanya saja, tidak bisa dipungkiri, kenaikan harga komoditas yang signifikan berpotensi menekan profitabilitas ICBP pada tahun ini,” kata tim riset Panin Sekuritas.

Imbas dari tekanan tersebut, Panin Sekuritas menurunkan proyeksi laba bersih untuk ICBP pada tahun ini sebesar 12,5% menjadi Rp 6,65 triliun. Kendati begitu, Panin Sekuritas menaikkan proyeksi pendapatan ICBP sebesar 7,4% menjadi Rp 66,15 triliun.

Adapun, pada kuartal I-2022 ICBP berhasil membukukan kinerja yang solid dengan mencatatkan kenaikan pendapatan sebesar 14% secara year on year (yoy) menjadi Rp 17,19 triliun. Sementara laba bersih juga masih tumbuh 12% menjadi Rp 1,94 triliun pada periode tersebut.

Itulah rekomendasi saham ICBP untuk perdagangan hari ini, Senin 4 Juli 2022. Ingat disclaimer on, segala risiko investasi atas rekomendasi saham ICBP di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru