Wall Street Sepekan: Dow, S&P 500 dan Nasdaq Kompak Menguat Jelang Kebijakan The Fed

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 09:00 WIB Sumber: Reuters
Wall Street Sepekan: Dow, S&P 500 dan Nasdaq Kompak Menguat Jelang Kebijakan The Fed


WALL STREET - NEW YORK. Wall Street menutup pekan ini dengan sumringah. Data ekonomi yang menggembirakan dan prospek pendapatan yang lebih cerah memicu selera risiko investor jelang pertemuan kebijakan Federal Reserve (The Fed) di pekan depan.

Semua indeks utama di bursa Amerika Serikat (AS) mengakhiri sesi dengan naik sekitar 2,5% atau lebih. Di mana indeks S&P dan Nasdaq mencatat kenaikan mingguan kedua berturut-turut. Indeks blue-chip, Dow membukukan kenaikan dari Jumat ke Jumat untuk keempat kali secara berturut-turut dan persentase kenaikan mingguan terbesar sejak Mei.

Jumat (28/10), indeks Dow Jones Industrial Average ditutup naik 828,52 poin atau 2,59% menjadi 32.861,8, indeks S&P 500 menguat 93,76 poin atau 2,46% ke 3.901,06 dan indeks Nasdaq Composite melonjak 309,78 poin atau 2,87% ke 11.102,45.

Dari 11 sektor utama pada S&P 500, semuanya kecuali saham konsumen yang terbebani oleh saham Amazon, mengakhiri sesi dengan penguatan. Saham teknologi menikmati persentase penguatan terbesar.

"Ini telah menjadi salah satu bulan terbaik (sejauh ini) dalam sejarah Dow, menunjukkan pasar bearish kemungkinan akan berakhir. Pergerakan bulanan besar secara historis terjadi di akhir bear markets," kata Ryan Detrick, Chief Market Strategist di Carson Group di Omaha.

Baca Juga: Wall Street Menguat Setelah Rilis Angka Belanja Konsumen yang Meningkat

"Ini adalah hari Jumat kedua berturut-turut kami melihat pembelian agresif menunjukkan investor semakin nyaman bertahan selama akhir pekan," tambah Detrick.

Pada sesi kali ini, saham Apple rebound 7,6% yang membantu melunakkan pukulan penurunan 6,8% pada saham Amazon.com, setelah laporan kinerja dari dua pemimpin pasar itu dirilis.

Pendapatan solid dari Chevron, Exxon Mobil dan perusahaan lain di luar grup megacap teknologi dan yang berdekatan dengan teknologi telah mencerahkan perkiraan pendapatan agregat untuk kuartal tersebut.

Menurut data Refinitiv, analis sekarang melihat pertumbuhan pendapatan S&P 500 kuartal ketiga sebesar 4,1%, naik dari 2,5% pada hari Kamis (27/10).

"Kami telah melihat beberapa kesalahan profil tinggi dari nama-nama besar yang signifikan," kata Detrick. "Tetapi di bawah permukaan, banyak perusahaan kecil dan menengah cukup mengesankan dengan hasil pendapatan mereka."

Di sisi ekonomi, Departemen Perdagangan dan Tenaga Kerja merilis data yang masing-masing menunjukkan belanja konsumen yang kuat dan mengurangi pertumbuhan upah.

Baca Juga: Resmi Akuisisi Twitter, Elon Musk Pecat Eksekutif Twitter

Pasar keuangan sekarang telah memperkirakan kemungkinan 84,5% dari kenaikan suku bunga 75 basis poin kelima berturut-turut pada akhir pertemuan kebijakan Fed 1-2 November, dan peluang 51,4% bank sentral akan melambat dalam menaikkan suku bunga menjadi 50 basis poin pada bulan Desember, menurut alat FedWatch CME.

"Pintu terbuka terbuka pada kemungkinan bahwa kita mungkin melihat The Fed yang lebih dovish pada pertemuan kebijakan Desember, sedangkan sebulan lalu pintu itu dikunci dan ditutup," tambah Detrick.

Musim pelaporan kuartal ketiga telah melewati titik tengah, dengan 263 perusahaan di S&P 500 telah melaporkan. Dari jumlah tersebut, 73% telah mengalahkan ekspektasi konsensus, menurut Refinitiv.

Saham Intel Corp melonjak 10,7% setelah memangkas perkiraan pengeluarannya. Sejalan, kenaikan perkiraan pelanggan T-Mobile US Inc mengirim saham perusahaan itu naik 7,4%.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru