Wintermar (WINS) akan private placement 9,58% dari modal disetor

Sabtu, 21 Agustus 2021 | 07:00 WIB   Reporter: Nur Qolbi
Wintermar (WINS) akan private placement 9,58% dari modal disetor


EMITEN - JAKARTA. Rencana aksi korporasi PT Wintermar Offshore Marine Tbk (WINS) berjalan mulus. Emiten pelayaran ini memperoleh restu dari para pemegang saham untuk melaksanakan penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu alias private placement sebanyak 415 juta saham.

Persetujuan ini didapat dalam rapat umum pemegang saham tahunan yang berlangsung pada Kamis (19/8). Wintermar akan melepas setara dengan 9,58% dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Dari 415 juta saham tersebut, sebanyak 400 juta saham akan ditawarkan kepada investor dengan jangka waktu pelaksanaan dua tahun sejak disetujui RUPS. Sedangkan 15 juta saham sisanya akan diterbitkan untuk Program Kepemilikan Saham Manajemen dan Karyawan dengan jangka waktu pelaksanaan lima tahun sejak disetujui RUPS.

Investor Relations WINS Pek Swan Layanto mengatakan, pihaknya belum menentukan harga pelaksanaan private placement tersebut. "Saat ini, belum ada calon pembelinya jadi belum ada rencana dengan harga. Mengingat, kami masih ada waktu dua tahun untuk penerbitan saham ini," tutur dia saat dihubungi Kontan.co.id, Kamis (19/8).

Baca Juga: Wintermar Offshore Marine (WINS) kantongi pendapatan US$ 20 juta pada semester I-2021

Wintermar juga belum dapat menentukan rencana pasti penggunaan dana hasil private placement ini. Yang jelas, perusahaan berencana menggunakan dana tersebut untuk mendukung pengembangan kegiatan usaha termasuk tetapi tidak terbatas pada perbaikan struktur permodalan, penambahan armada, serta peningkatan dana kas dan modal kerja perusahaan.

"Penambahan modal ini diharapkan dapat memberikan fleksibilitas bagi perusahaan dalam memperoleh sumber pendanaan untuk membiayai rencana pengembangan usaha di masa yang akan datang," tutur Pek Swan Layanto.

Managing Director WINS Sugiman Layanto menguraikan, untuk ke depannya, prospek bisnis industri kapal pendukung lepas pantai terlihat positif. Pasalnya, harga minyak telah pulih di atas US$ 70 per barel.

Baca Juga: Semester I 2021, pendapatan Wintermar Offshore Marine (WINS) turun 8,39% yoy

Menurut Sugiman, dengan gearing ratio di bawah 30% pada akhir Juni 2021 dan setelah merampingkan armada serta mengurangi biaya overhead, WINS sekarang siap untuk mulai berinvestasi lagi. "Manajemen telah mengejar beberapa peluang potensial untuk berinvestasi dalam aset demi meningkatkan profitabilitas perusahaan. Penerbitan saham baru tersebut akan menyediakan akses ke pendanaan saat dibutuhkan," ucap Sugiman.

Pada akhir Juni 2021, kontrak yang dimiliki perusahaan adalah sebesar US$ 69 juta. Sementara itu, pendapatan WINS sepanjang paruh pertama 2021 sebesar US$ 20,09 juta dengan rugi periode berjalan yang dapat diatribusikan ke pemilik entitas induk US$ 564,4 ribu.

Baca Juga: Rencana Private Placement Wintermar Offshore Menggiring Harga WINS Menembus Rekor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru