CLOSE [X]

Analis Menilai Saham Bumi Serpong Damai (BSDE) Semakin Menarik

Selasa, 28 Desember 2021 | 06:55 WIB   Reporter: Danielisa Putriadita
Analis Menilai Saham Bumi Serpong Damai (BSDE) Semakin Menarik


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) berhasil catatkan kinerja solid. Analis optimistis kinerja BSDE di tahun depan akan lebih tinggi dari kinerja di sepanjang tahun ini. 

BSDE belum melaporkan kinerja keuangannya di kuartal III-2021. Sementara, kinerja keuangan BSDE hingga semester I-2021 tercatat positif dengan pra penjualan mencapai Rp 4,5 triliun. Angka tersebut naik 39,20% secara year on year (yoy). Segmen residensial berkontribusi sebesar 67% dari total pra penjualan. 

Sedangkan pos pendapatan BSDE naik 39,19% menjadi Rp 3,25 triliun. BSDE juga berhasil meraih laba bersih hingga Rp 680 miliar dari rugi Rp 192,68 miliar pada periode yang sama di tahun lalu. 

Mengutip riset Andhika Suryadharma Analis RHB Sekuritas, hingga kuartal III-2021 BSDE perolehan pra penjualan BSDE sudah menyentuh 87% dari targetnya di sepanjang tahun ini.

Baca Juga: Awal Pekan Terakhir Desember, IHSG Dibuka Naik 0,34% ke 6.585,26

Melihat kinerja pra penjualan tersebut, Andhika optimistis target pra penjualan BSDE di tahun ini akan tercapai. Andhika melihat segmen bisnis yang mendorong pra penjualan tumbuh adalah residensial. 

Bahkan, Andhika mengatakan target pra penjualan BSDE di tahun ini bisa terlewati jika divisi properti komersial mengejar pra penjualan. "Perusahaan bisa meluncurkan ruko komersial senilai Rp 1 miliar - Rp 2 miliar," kata Andhika dalam riset. 

 

 

Pra penjualan BSDE diproyeksikan akan tumbuh positif juga didukung oleh meningkatnya minat masyarakat pada properti dan produk kelas atas dengan harga di atas Rp 3 miliar. 

Sementara itu, Andhika memproyeksikan kinerja BSDE di sepanjang tahun ini akan positif karena juga tersokong oleh kerjasama BSDE dengan Mitbana Pte.Ltb., perusahaan joint venture milik Mitsubishi Corporation dan Surbana Jurong. Kerjasama dalam menjual kavling tanah tersebut mendatangkan Rp 500 miliar untuk penjualan di tahun ini. 

Baca Juga: Otoritas Pasar Modal Meluncurkan Platform Microsite ESG, Ini Manfaatnya

Head of Investment PT Reswara Gian Investa Kiswoyo Adi Joe juga optimistis kinerja keuangan BSDE berpotensi tumbuh 20% di 2022. Menurut Kiswoyo BSDE diuntungkan dengan memiliki landbank besar. Tercatat, landbank yang dimiliki BSDE mencapai total 4.582 hektare. 

Editor: Noverius Laoli

Terbaru