Berminat? IPO Kusuma Kemindo Sentosa Masuk Periode Bookbuilding

Rabu, 20 Juli 2022 | 05:50 WIB   Reporter: Akhmad Suryahadi
Berminat? IPO Kusuma Kemindo Sentosa Masuk Periode Bookbuilding


INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) - JAKARTA. PT Kusuma Kemindo Sentosa akan melakukan penawaran umum perdana saham alias initial public offering (IPO). Emiten yang bergerak di bidang usaha perdagangan besar bahan dan barang kimia ini akan menggunakan kode saham KKES.

Melansir laman e-IPO, Selasa (19/7), periode bookbuilding IPO saham KKES berlangsung mulai hari ini (19/7) hingga Rabu (27/7). KKES akan melepas sebanyak-banyaknya 450 juta saham baru atau sebanyak-banyaknya 27,27%  dari jumlah seluruh modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO.

KKES memasang harga penawaran sebesar Rp 100 sampai dengan Rp 130 per saham. Dus, dana segar yang diraup KKES dari penawaran umum perdana saham ini adalah sebanyak-banyaknya Rp 58,50 miliar.

Baca Juga: Kebab Babarafi (RAFI) Mau IPO, Ini Perhitungan Dana Segar yang Bakal Diperoleh

Kusuma Kemindo juga melaksanakan program Employee Stock Allocation (ESA) dengan jumlah sebanyak-banyaknya 2,5% dari jumlah yang ditawarkan dalam penawaran umum atau sebanyak-banyaknya 11,25 juta

Mengutip prospektus ringkas, dana yang diperoleh dari hasil penawaran umum perdana saham ini akan digunakan untuk dua keperluan. Pertama, sekitar 95% akan digunakan untuk modal kerja dalam rangka mendukung kegiatan operasional dan pengembangan bisnis.

Rinciannya, sekitar 30% untuk biaya operasional seperti gaji, biaya angkut, biaya kantor, biaya penjualan dan lainnya. Sekitar 65% untuk pembelian barang dagangan, pelunasan utang usaha kepada pemasok.

Kedua, sekitar 5% akan digunakan untuk pengembangan sistem informasi dan teknologi termasuk digitalisasi sistem IT untuk sales, delivery, inventory dan logistic

Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi dalam IPO Kusuma Kemindo adalah PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia.

Berikut jadwal lengkap IPO Kusuma Kemindo :

  1. Masa penawaran awal : 19 – 27 Juli 2022
  2. Perkiraan tanggal efektif : 29 Juli 2022
  3. Perkiraan masa penawaran umum perdana saham : 2 – 4 Agustus 2022
  4. Perkiraan tanggal penjatahan : 4 Agustus 2022
  5. Perkiraan tanggal distribusi saham secara elektronik : 5 Agustus 2022
  6. Perkiraan tanggal pencatatan pada Bursa Efek Indonesia : 8 Agustus 2022

KKSE merupakan  perusahaan yang aktif sebagai importir, stockist & distribusi bahan kimia commodity dan specialty, makanan, bahan kimia kontruksi dan bahan terkait.

KKSE saat ini menjalankan usaha di bidang perdagangan besar bahan dan barang kimia dasar, perdagangan besar berbagai macam material bangunan dan perdagangan besar mesin, peralatan dan perlengkapan lainnya.

KKSE melihat peluang bisnis yang menjanjikan dalam bidang bahan-bahan kimia untuk keperluan industri maupun keperluan rumah tangga.

Baca Juga: Incar Dana Rp 179 Miliar, Habco Trans Maritima Tawarkan Harga IPO Rp 160 Per Saham

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru