Bursa

Berniat investasi di aset kripto, simak saran dari Safir Senduk

Jumat, 04 Juni 2021 | 06:50 WIB   Reporter: Akhmad Suryahadi
Berniat investasi di aset kripto, simak saran dari Safir Senduk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Investasi di instrumen kripto kini tengah digandrungi oleh masyarakat. Data Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) menunjukkan, setidaknya terdapat 4,2 juta orang yang menjadikan kripto sebagai salah satu aset investasi saat ini.

Dus, butuh pengelolaan uang atau money management yang tepat dalam berinvestasi di aset kripto, mengingat volatilitas aset ini cukup tinggi. Master Financial Planner Safir Senduk mengungkapkan, terdapat sejumlah money management dalam berinvestasi di aset kripto

Pertama adalah pastikan terlebih dahulu telah memiliki dana darurat dan dana cadangan. Dana ini dapat digunakan jika sewaktu-waktu terjadi resesi. “Sebelum punya aset kripto, pastikan dana darurat sudah siap,” terang Safir dalam peluncuran Aset Kripto di platform Treasury.id, Kamis (3/6).

Baca Juga: Mulai dari Rp 5.000 sudah bisa beli aset kripto di Treasury.id

Kedua adalah menyiapkan uang untuk sekolah dan uang pendidikan terutama  untuk anak-anak, dan mempersiapkan dana pension untuk hari tua. Ketiga, adalah mempersiapkan asuransi jiwa terutama untuk keluarga. “Jika hal ini sudah ada, silakan beli aset kripto” sambung Safir

Membeli aset kripto pun ada aturan dan cara mainnya. Safir menganjurkan, sebelum memutuskan untuk membeli, akan  lebih baik bagi investor untuk mempelajari dahulu koin yang akan dibeli.

Safir juga merekomendasikan investor untuk mempelajari blockchain yang menjadi sistem dalam perdagangan aset kripto. Dengan mempelajari seluk-beluk koin kripto, risiko bisa ditekan, Safir juga menekankan pentingnya memakai dana dingin atau uang  menganggur jika ingin membeli aset kripto. Uang panas seperti untuk keperluan sehari-hari tidak disarankan untuk membeli aset kripto.

Editor: Yudho Winarto
Terbaru