Bursa Senin (7/11) Segera Dibuka, Saham Blue Chip Ini Wajib Dicermati

Senin, 07 November 2022 | 08:30 WIB   Reporter: Yuliana Hema
Bursa Senin (7/11) Segera Dibuka, Saham Blue Chip Ini Wajib Dicermati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) segera membuka jam perdagangan saham edisi hari ini, Senin 7 November 2022. Sebelum melakukan transaksi, investor perlu mencermati rekomendasi saham blue chip berikut ini.

Saham blue chip adalah saham lapis satu di bursa. Saham blue chip adalah jenis saham yang memiliki kapitalisasi pasar yang besar, mencapai di atas Rp 10 triliun.

Saham jenis blue chip sangat cocok untuk Anda yang ingin berinvestasi jangka panjang. Pada saat pergerakan market tidak menentu, saham Blue Chip biasanya cenderung stabil.

Bukan berarti saham blue chip tidak akan mengalami penurunan. Namun saham-saham blue chip biasanya paling cepat pulih dibandingkan saham small atau mid-caps.

Salah satu saham blue chip yang perlu dicermati pada perdagangan hari ini, Senin 7 Novemebr 2022 adalah saham UNVR dari PT Unilever Indonesia.

Baca Juga: Harga Saham UNVR Turun 6,2% dalam Sepekan, Sekarang Pilih Jual Atau Beli?

Harga saham UNVR pada perdagangan Jumat 14 November 2022 ditutup di level 4.540 naik 30 poin atua 0,67% dibandingkan sehari sebelumnya. Namun dibandingkan sepekan sebelumnya, harga saham UNVR turun 6,20%.

Analis menyebut penurunan harga saham UNVR adalah waktu yang tepat untuk masuk ke saham tersebut. Pasalnya, harga saham UNVR hingga akhir tahun 2022 diprediksi lebih tinggi dibandingkan saat ini.

Hal itu disampaikan Analis Investindo Nusantara Sekuritas Pandhu Dewanto. Pandu menghitung, target harga UNVR untuk 12 bulan ke depan berada di level Rp 5.000.

Baca Juga: Ini Saham-saham yang Paling Banyak Dijual Asing Selama Sepekan

Dengan penurunan yang terjadi, opsi buy on weakness bisa menjadi pilihan. "Ada potensi yang menarik untuk buy on weakness kalau terjadi koreksi ke bawah level Rp 4.500," kata dia kepada Kontan akhir pekan lalu.

Namun untuk saat ini, lanjut dia, investor bisa wait and see terlebih dahulu karena belum tampak perlawanan yang berarti pada pergerakan UNVR. Investor bisa menunggu sampai tekanan jual selesai.

Adapun dalam sepekan terakhir, investor asing mencatatkan jual bersih atau net sell sebesar Rp 220,22 miliar di seluruh pasar. Namun sepanjang tahun berjalan, asing masih membukukan beli bersih Rp 2,39 triliun.

"Pasar mungkin kecewa dengan hasil dari laporan kinerja kuartal ketiga UNVR yang pertumbuhannya masih cenderung lambat," tutur Pandhu.

Apalagi, Pandhu menilai segmen personal care milik UNVR masih akan berat melaju. Pasalnya persaingan di segmen ini sudah semakin ketat.

Hingga akhir September 2022, UNVR mencatatkan penjualan bersih sebesar Rp 31,53 triliun. Realisasi ini tumbuh 5,02 % secara tahunan atawa year on year (YoY) dari Rp 30,02 triliun.

UNVR mengantongi laba sebesar Rp 4,61 triliun hingga akhir kuartal III-2022. Nilai tersebut tumbuh 5,31% secara tahunan dari Rp 4,37 triliun pada tahun sebelumnya di periode yang sama.

Itulah prediksi dan rekomendasi saham UNVR untuk perdagangan hari ini, Senin 7 November 2022. Ingat disclaimer on, segala risiko investasi atas rekomendasi saham di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru