Centratama Telekomunikasi (CENT) Akan Membeli 1.000 Saham EPID Menara AssetCo

Selasa, 04 Januari 2022 | 06:50 WIB   Reporter: Nur Qolbi
Centratama Telekomunikasi (CENT) Akan Membeli 1.000 Saham EPID Menara AssetCo


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk (CENT) melalui anak usahanya, yakni PT Centratama Menara Indonesia (CMI) akan membeli 1.000 saham PT EPID Menara AssetCo.

Jumlah saham tersebut mewakili 100% dari modal ditempatkan dan modal disetor dalam PT EPID Menara AssetCo.

Berdasarkan keterbukaan informasi, Senin (3/12), CMI membeli seluruh saham tersebut dari PT EPID Menara Holdco dan EP ID Holdings Pte. Ltd. Harga pembeliannya adalah sebesar Rp 35,85 miliar.

Para pihak yang bersangkutan telah menandatangani Perjanjian Pembelian Saham Bersyarat (Conditional Share Purchase Agreement) pada tanggal 30 Desember 2021.

Terdapat hubungan afiliasi antara CENT, CMI, PT EPID Menara Holdco, dan EP ID Holdings Pte. Ltd., mengingat EP ID Holdings Pte. Ltd merupakan pengendali CENT dan CMI.

Baca Juga: Simak rekomendasi saham CENT, MAPA, dan ESTI untuk Kamis (16/12)

Di samping itu, terdapat kesamaan anggota direksi dan dewan komisaris antara CENT, CMI, PT EPID Menara Holdco, dan EP ID Holdings Pte. Ltd.

Transaksi ini juga merupakan transaksi material. Pasalnya, total aset perusahaan yang akan diakuisisi melebihi 50% dari aset CENT berdasarkan laporan keuangan yang berakhir pada tanggal 31 Agustus 2021.

Menurut manajemen CENT, transaksi ini merupakan bagian dari rencana strategi perusahaan untuk mengembangkan portofolio menara telekomunikasi.

"Perusahaan selalu mencari peluang untuk menambah kepemilikan menara telekomunikasi baik melalui pertumbuhan secara organik maupun melalui akuisisi menara telekomunikasi," ucap manajemen.

Rencana transaksi dapat diselesaikan dengan tunduk kepada syarat-syarat pendahuluan sebagaimana diatur dalam perjanjian. Salah satunya adalah diperolehnya persetujuan dari pemegang saham independen CENT.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru