Dari ADMF hingga ANTM, Ini Saham-Saham Penguhuni Baru Indeks High Dividend 20

Rabu, 02 Februari 2022 | 06:45 WIB   Reporter: Kenia Intan
Dari ADMF hingga ANTM, Ini Saham-Saham Penguhuni Baru Indeks High Dividend 20


IHSG - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan evaluasi mayor terhadap indeks High Dividend 20 (IDX HIDIV20). Konstituen dalam indeks tersebut akan mulai efektif mulai 4 Februari hingga 2 Agustus 2022. 

Mengutip pengumuman BEI pada Jumat (27/1), sebanyak empat saham menjadi penghuni baru IDX HIDIV 20. Empat saham itu adalah PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF), PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Hexindo Adiperkasa Tbk (HEXA), dan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX).

Saham-saham tersebut menggantikan PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS), PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP), PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), dan PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) yang terdepak dari indeks. 

Baca Juga: Reksadana Pasar Uang Jadi Reksadana Berkinerja Positif Sepekan Terakhir

Sekadar informasi, IDX HIDIV20 merupakan indeks yang mengukur kinerja harga dari 20 saham yang membagikan dividen tunai selama 3 tahun terakhir dan memiliki dividend yield yang tinggi.

Adapun IDX HIDIV20 mendapat evaluasi sebanyak empat kali dalam satu tahun, masing-masing dua kali evaluasi mayor dan minor. Evaluasi mayor bertujuan bertujuan memilih saham konstituen indeks untuk periode selanjutnya disertai dengan menyesuaikan jumlah saham untuk indeks dan/atau bobot dari konstituen. 

Sementara, evaluasi minor bertujuan menyesuaikan jumlah saham untuk indeks dan/atau bobot dari konstituen tanpa pemilihan konstituen indeks untuk periode selanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru