Distribusi vaksin perlu waktu, investor beralih ke saham-saham WFH

Kamis, 12 November 2020 | 07:11 WIB   Reporter: Wahyu Tri Rahmawati
Distribusi vaksin perlu waktu, investor beralih ke saham-saham WFH

ILUSTRASI. Setelah jatuh tajam selama dua hari, Nasdaq yang padat teknologi didorong oleh saham work from home (WFH).


BURSA EFEK / BURSA SAHAM - JAKARTA. Nasdaq Composite ditutup naik 2,01% pada hari Rabu (11/11) karena investor beralih kembali ke saham teknologi dan menjauh dari sektor yang sensitif secara ekonomi. Setelah jatuh tajam selama dua hari, Nasdaq yang padat teknologi didorong oleh saham work from home (WFH).

Harga saham Microsoft dan Netflix Inc yang ditutup naik lebih dari 2% dan Amazon.com Inc dan Apple Inc, yang naik lebih dari 3%. Nasdaq Composite bertambah 232,58 poin, atau 2,01%, menjadi 11.786,43.

Sementara Dow Jones Industrial Average justru turun 23,29 poin, atau 0,08% menjadi 29.397,63. S&P 500 naik 27,13 poin, atau 0,77% menjadi 3.572,66.

Investor mempertimbangkan kemajuan vaksin Covid-19 terhadap lonjakan virus dan kemungkinan waktu untuk rebound ekonomi. Data uji coba vaksin virus corona tahap akhir yang menggembirakan pada hari Senin telah mendorong rotasi dua hari dari saham teknologi ke sektor-sektor yang berkinerja lebih baik dari resesi seperti industri, material dan energi.

Baca Juga: Mengukur peluang cuan dari saham LQ45

Tetapi investor mengubah persneling pada hari Rabu untuk membeli saham teknologi yang kurang sensitif secara ekonomi dan menjual saham-saham bank dan energi. "Pasar mungkin akan melakukan penyesuaian ini dan mulai rotasi hingga memasuki musim semi," kata Shawn Snyder, Kepala Strategi Investasi di Citi Personal Wealth Management kepada Reuters

Dia menambahkan bahwa masih ada pendapatan yang sangat kuat untuk perusahaan teknologi. "Kita juga masih menghadapi potensi lonjakan kasus Covid selama bulan-bulan musim dingin dan pembatasan dan penguncian yang diperbarui," imbuh Snyder.

Selain itu, spesialis penyakit menular Amerika Serikat (AS) mendesak agar tetap berhati-hati sampai vaksin didistribusikan. California dan negara bagian di Midwest dan timur laut AS memperketat pembatasan yang bertujuan untuk menahan penyebaran virus. "Berpikir bahwa gaya yang kita jalani selama sembilan bulan terakhir tiba-tiba akan berubah adalah sedikit optimistis. Ini akan memakan waktu lebih lama," kata Snyder.

Indeks teknologi, naik 2,4%, memimpin kenaikan di antara 11 sektor utama S&P 500, diikuti oleh indeks sektor konsumsi, yang ditutup naik 1,5%, diapit oleh Amazon.com. Penurunan sektor terbesar adalah material, turun 1,4% diikuti oleh industri dan energi, keduanya berakhir turun lebih dari 0,8%.

Baca Juga: Rentan turun, harga emas menguat tipis pada Kamis (12/11) pagi

"Pandangan luasnya adalah optimisme yang lebih besar untuk outlook ekonomi jangka panjang, pascavaksin, pascapandemi. Kami melihat sedikit kilasan itu muncul hari ini," kata Craig Fehr, ahli strategi investasi di Edward Jones di St. Louis.

Pasar, yang juga mendapat dorongan setelah Joe Biden dinyatakan sebagai pemenang pemilihan, telah mengabaikan tantangan hukum dari Presiden Donald Trump karena sejauh ini tidak ada bukti masalah dengan suara yang dihasilkan.

Partai Demokrat mempertahankan kendali DPR AS dengan mayoritas lebih rendah. Akibatnya, investor sekarang fokus pada apakah mereka dapat memperebutkan kendali Senat dari Partai Republik, yang tidak akan diputuskan sampai dua pemilihan putaran kedua di Georgia pada Januari.

Demokrat mungkin tidak dapat memenangkan cukup suara untuk rencana stimulus ekonomi yang lebih besar jika Partai Republik mempertahankan mayoritas Senat.

Baca Juga: IHSG hari ini (12/11) mulai jenuh beli tapi peluang menuju 5.520 masih terbuka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru