IPO

IPO Adhi Commuter Properti digelar akhir tahun 2021

Rabu, 26 Mei 2021 | 17:40 WIB   Reporter: Ridwan Nanda Mulyana
IPO Adhi Commuter Properti digelar akhir tahun 2021

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Langkah PT Adhi Commuter Properti (ACP) untuk melakukan penawaran umum saham perdana alias initial public offering (IPO) semakin mendekati kenyataan. Induk ACP, Adhi Karya (ADHI) pun menargetkan IPO bakal digelar akhir tahun 2021. 

Direktur Operasi 2 ADHI Pundjung Setya Brata optimistis IPO anak usaha Adhi Karya tersebut akan diminati pasar. Hal ini seiring dengan industri properti yang kembali tumbuh setelah meluncur di tahun lalu. 

Untuk menggelar merealisasikan rencana tersebut, Pundjung menyebut, ACP sedang dalam proses persiapan menuju IPO.

"Tahun ini pasar properti sudah mulai menunjukkan pertumbuhan, sehingga kami sangat optimis, bahwa di akhir tahun ini ACP akan IPO. Prosesnya sedang disiapkan," kata dia dalam konferensi pers yang digelar secara daring, Selasa (25/5).

Selain rencana IPO, ternyata ACP sudah lebih dulu menggelar Penawaran Umum Obligasi I 2021. Penawaran yang dilaksanakan pada 11-17 Mei 2021 itu sukses besar dengan target keseluruhan dana sebesar Rp 500 miliar tercapai. 

Dana dari hasil penawaran obligasi ini akan digunakan perusahaan properti itu untuk untuk menunjang pertumbuhan bisnisnya. 

Baca Juga: Adhi Karya (ADHI) optimistis target kontrak baru senilai Rp 24 triliun tercapai

 

 

 

"Alhamdulillah terserap pasar seluruhnya, ini menunjukkan respons pasar sangat positif untuk ACP yang sangat terkenal dengan produk LRT City. Sehingga kami berharap akhir tahun ini bisa melakukan IPO dengan proceed-nya ditargetkan sekitar 30%," sambung Pundjung.

Sebelumnya, dalam keterangan tertulis pada Rabu (19/5), Direktur Utama Adhi Commuter Properti Rizkan Firman mengungkapkan, seluruh dana hasil penerbitan obligasi ACP pada Mei ini akan digunakan untuk membiayai belanja modal dalam upaya menambah portofolio dan melakukan ekspansi usaha.

Adhi Commuter Properti merupakan perusahaan properti yang sebagian besar proyeknya di kawasan Transit Oriented Development (TOD) di wilayah Jabodetabek. 

Menurut Rizkan, pihaknya menangkap trend shifting yang terjadi dengan mengembangkan sejumlah kawasan properti di titik stasiun LRT Jabodebek melalui produk LRT City dan Adhi City.

ACP juga telah mengembangkan kawasan properti berbasis transportasi massal lainnya seperti di titik stasiun Commuter Line dan Pool Bus Transjakarta. Sampai saat ini ACP telah mengembangkan 12 kawasan properti berbasis transportasi massal di Jabodetabek, dengan landbank mencapai 140 hektare (ha).

Di tahun ini, ACP mengembangkan kawasan baru yaitu LRT City Cibubur yang berada di titik Stasiun LRT Harjamukti, serta melakukan serah terima tahap pertama kawasan Cisauk Point – Member of LRT City yang terhubung langsung dengan Stasiun KRL Cisauk.

 

Selanjutnya: Adhi Karya (ADHI) bidik proyek konstruksi kereta api di Asia Tenggara

 

Editor: Anna Suci Perwitasari
Terbaru