Penjualan mobil Astra melesat, begini rekomendasi saham ASII

Rabu, 12 Mei 2021 | 10:30 WIB   Reporter: Hikma Dirgantara
Penjualan mobil Astra melesat, begini rekomendasi saham ASII

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja Astra International Tbk (ASII) belum seutuhnya pulih. Walau begitu, ASII justru dinilai punya peluang dan potensi yang menarik seiring pemulihan ekonomi dan mulai meningkatnya permintaan.

Penjualan mobil Astra sepanjang April mencapai 41.676 unit secara grosir. Jumlah tersebut melonjak hingga 996% secara year on year (yoy) mengingat pada April tahun lalu penjualannya hanya 3.804 unit. Walau demikian, secara bulanan, penjualan mobil Astra tercatat masih turun 8,4% karena pada Maret penjualan mencapai 45.521 unit.

Sementara secara kumulatif, penjualan mobil Astra di empat bulan pertama tahun ini naik 5,2% yoy menjadi 140.529 unit dari 133.547 unit yang terjual di periode yang sama tahun lalu. Pangsa pasar ASII pada Januari-April sedikit turun menjadi 52,8% dari 52,9% pada Maret 2021 dan 54,6% pada April 2020. 

Kepala Riset Henan Putihrai Sekuritas Robertus Hardy menyebut, berdasarkan angka penjualan Astra pada April, dia optimistis kinerja keuangan ASII akan mulai membaik pada kuartal kedua 2021 dan seterusnya. “Segmen otomotif dan jasa keuangan, yang utamanya bergerak di pembiayaan otomotif, memberikan kontribusi sebesar 38% dan 26% kepada pendapatan bersih konsolidasi grup pada kuartal pertama 2021. Baru kemudian diikuti oleh alat berat & pertambangan dengan kontribusi 29%,” kata Robertus dalam riset, Selasa (11/5).

Baca Juga: Bulan April 2021, Gaikindo catat penjualan mobil wholesale sebanyak 78.908 unit

Adapun, pendapatan ASII pada kuartal pertama 2021 tercatat turun 4,3% secara yoy menjadi Rp 51,7 triliun dari Rp 54 triliun. Sementara dari sisi bottom line, kinerja ASII bahkan merosot sebesar 22,5% menjadi hanya Rp 3,73 triliun dari Rp 4,81 triliun. 

Robertus menyebut, profitabilitas ASII belum dapat pulih dari dampak pandemi. Hal ini dapat terlihat dengan turunnya EBITDA dan margin laba bersih menjadi masing-masing hanya 8,8% dan 7,2%, dari sebelumnya 10,6% dan 8,9%.

Baca Juga: Simak strategi Astra International (ASII) memperkuat ekosistem digital

Editor: Wahyu T.Rahmawati
Terbaru