Pertamina Hulu Energi Batal Gelar IPO, Antrean IPO BUMN Kembali Kosong

Minggu, 13 Agustus 2023 | 14:40 WIB   Reporter: Yuliana Hema
Pertamina Hulu Energi Batal Gelar IPO, Antrean IPO BUMN Kembali Kosong


RENCANA IPO - JAKARTA. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) menyampaikan belum ada daftar nama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang antre untuk menggelar penawaran umum saham perdana alias Initial Public Offering (IPO). 

Inarno Djajadi, Kepala Eksekutif Pasar Modal, Keuangan Derivatif dan Bursa Karbon OJK menyampaikan hingga saat ini, pihaknya belum menerima dokumen registrasi penawaran umum perdana saham oleh BUMN. 

"Belum ada untuk yang BUMN. Kami belum melihat adanya BUMN yang masuk lagi," kata Inarno dalam konferensi pers HUT ke-46 tahun Pasar Modal, Kamis (10/8). 

Baca Juga: Pencatatan Saham di BEI Tertinggi di ASEAN pada Januari-Agustus

Senada, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Iman Rachman mengatakan sampai dengan laporan keuangan Juni 2023, belum ada lagi perusahaan pelat merah yang mengajukan IPO. 

"Untuk perusahaan BUMN belum ada yang masuk dalam Juni. Namun masih ruang untuk melakukan pencatatan saham di akhir tahun ini," ucap Iman. 

Padahal ada sejumlah nama BUMN yang digadang-gadang yang bakal menggelar IPO tahun ini, yakni Pertamina Hulu Energi, Pertamina Geothermal Energy dan PalmCo. 

Baca Juga: Market Cap Tembus Rp 10.000 Triliun, BEI Optimistis Bakal Lebih Tinggi Lagi

Teranyar, Pertamina Hulu Energi resmi membatalkan rencananya untuk melantai di bursa saham. BEI pun telah menerima surat pernyataan penundaan IPO dari perusahaan pelat merah itu. 

Rencana IPO, sub-holding PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III, yakni PalmCo juga belum ada kemajuan. Kabar terbaru, PalmCo tengah melakukan proses konsolidasi dengan entitas usaha. 

Dari tiga nama tersebut, hanya Pertamina Geothermal Energy yang berhasil mengeksekusi rencana IPO. Emiten dengan kode saham PGEO ini resmi melantai di bursa pada 24 Februari 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru