Semester I-2023, Pendapatan WIR Asia (WIRG) Tumbuh 91,9%

Rabu, 16 Agustus 2023 | 08:00 WIB   Reporter: Vina Elvira
Semester I-2023, Pendapatan WIR Asia (WIRG) Tumbuh 91,9%


EMITEN - JAKARTA. PT WIR Asia Tbk (WIRG) berhasil mencetak kinerja bisnis memuaskan selama semester I-2023. Pendapatan konsolidasi WIRG bertumbuh 91,9% yoy, dari semula Rp 650,7 miliar menjadi Rp 1,24 triliun. 

Seiring dengan kenaikan pendapatan, WIRG turut mencatatkan EBITDA dan laba bersih masing-masing sebesar Rp71,4 miliar dan Rp34,7 miliar. Keduanya masing-masing meningkat sebesar 88,3% dan 33,3% dari periode yang sama tahun sebelumnya. 

Direktur Utama WIRG Budi Wirjatmo memaparkan, pencapaian WIRG di semester I-2023 merupakan aktualisasi dari ekspansi pendapatan recurring melalui model bisnis B2B2C/B2C. 

Baca Juga: Begini Strategi WIR Asia (WIRG) Mempertahankan Kinerja Bisnis Positif di 2023

Lewat ekspansi yang dilakukan, berhasil menghasilkan segmen pendapatan operasi penjualan barang, komisi via platform, serta promosi dan iklan via platform sebesar Rp 1,15 triliun atau naik 101,5% YoY dari semula Rp 573,9 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya. 

“Perseroan optimis ekosistem platform digital berbasis teknologi immersive serta Web 3.0 dan metaverse dengan fitur Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI) akan terus bertumbuh dan dapat menjadi solusi teknologi bagi bisnis klien dan partner Perseroan,” ujar Budi, dalam keterbukaan informasi yang dikutip Selasa (15/8). 

Selain itu, segmen pendapatan berbasis proyek yang berasal dari jasa konsultasi dan pengembangan software juga ikut bertumbuh secara stabil sebesar Rp15,9 miliar atau setara 20,8% yoy. 

Menurut Budi, pertumbuhan pendapatan ini menunjukkan keberhasilan WIRG dalam mengembangkan ekosistem platform digital yang memiliki tingkat skalabilitas yang tinggi dengan model bisnis B2B2C/B2C melalui anak usahanya DAV, Mindstores, dan Minar. 

 

 

“Pertumbuhan tersebut juga turut didukung oleh konsistensi Perseroan dalam menerapkan digitalization, creativity, interactivity, serta immersiveness dalam setiap solusi teknologinya,” sebut Budi.

Per semester I-2023, laba bersih konsolidasi WIRG mengalami pertumbuhan positif menjadi sebesar Rp34,7 miliar atau meningkat 33,3% YoY. 

Peningkatan tersebut bersumber dari pertumbuhan pendapatan konsolidasi WIRG sepanjang semester I-2023 yang berkesinambungan serta berkelanjutan dan fokus dalam menjaga profitabilitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru