Simak Proyeksi IHSG dan Rekomendasi Saham untuk Perdagangan Selasa (23/5) Hari Ini

Selasa, 23 Mei 2023 | 06:30 WIB   Reporter: Aurelia Felicia
Simak Proyeksi IHSG dan Rekomendasi Saham untuk Perdagangan Selasa (23/5) Hari Ini


IHSG - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali mengalami penguatan pada penutupan perdagangan Senin (22/5). IHSG menguat 0,43% atau 29,086 poin ke level 6.729,647.

Equity Research Analyst Phintraco Sekuritas Rio Febrian mencermati IHSG membentuk pola white marubozu bersamaan dengan rebound lanjutan pada Senin (22/5). 

Secara teknikal stochastic RSI dan MACD membentuk golden cross. Akan tetapi, belum ada volume yang solid untuk memvalidasi sinyal minor bullish reversal IHSG. 

“Oleh sebab itu, tetap waspadai potensi pullback jika rebound mulai tertahan di kisaran 6.810 (MA20),” ujarnya.

Baca Juga: IHSG Ditutup Menguat di Awal Pekan ke 6.729,64, Simak Sentimen yang Menopangnya

Adapun sentimen eksternal yang mempengaruhi pergerakan IHSG Selasa (23/5) adalah pasar yang meyakini tercapainya kesepakatan terkait debt ceiling jelang pertemuan antara Presiden AS, Joe Biden dengan Ketua DPR AS Kevin McCarthy pada Senin (22/5) waktu setempat. U.S. 

Selain itu, Menteri Keuangan AS Janet Yellen kembali mengingatkan potensi unpaid bill, jika kesepakatan belum tercapai hingga batas waktu tercapainya debt ceiling pada 1 Juni 2023.

Di samping itu, indeks-indeks PMI manufaktur Eropa, Jerman dan AS diperkirakan membaik di Mei 2023, meski belum mampu kembali ke area ekspansif. Hal ini setidaknya mengembalikan optimisme peningkatan demand, terutama untuk produk komoditas.

Dengan itu Rio memprediksi pergerakan IHSG pada Selasa (23/5) akan bergerak pada area support di level 6.700 dan resistance di level 6.810.

Di sisi lain, Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana memprediksi IHSG Selasa (23/5) rawan bergerak terkoreksi dengan support di level 6.656 dan resistance di level 6.765.

“Untuk sentimennya, secara teknikal dimungkinkan pullback terlebih dahulu dan dari global masih dari pembahasan debt ceiling dan sikap dovish The Fed akan FFR,” kata Herditya.

Sedangkan Technical Analyst Binaartha Sekuritas, Ivan Rosanova memprediksi adanya potensi penguatan terbatas pada pergerakan IHSG Selasa (23/5).

“Namun perlu diperhatikan sentimen harga komoditas batubara yang masih dapat tertekan,” sebut Ivan.

Baca Juga: Simak Rekomendasi Teknikal BMRI, PNLF dan AKRA untuk Perdagangan Selasa (23/5)

Ivan mencermati rata-rata saham batu bara pada hari Senin (22/5) menguat relatif terbatas dan terlihat adanya tekanan jual menjelang penutupan sesi kedua.  Untuk itu Ivan memprediksi rentang gerak IHSG di level 6.700 - 6.775

Adapun saham top picks pilihan Rio untuk perdagangan Selasa (23/5) meliputi BMRI, BBNI, TLKM, ICBP, INDF, PGAS, CTRA dan PWON.

Herditya merekomendasikan saham ERAA, AKRA, dan BMRI. Sementara saham pilihan Ivan yaitu ACES, DILD, JPFA, dan BEST.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru