Wall Street Bervariasi: Dow dan S&P 500 Ditutup Melemah, Nasdaq Naik Tipis

Rabu, 28 September 2022 | 08:00 WIB Sumber: Reuters
Wall Street Bervariasi: Dow dan S&P 500 Ditutup Melemah, Nasdaq Naik Tipis


WALL STREET - NEW YORK. Wall Street masuk ke pasar bearish makin dalam dengan dua dari tiga indeks utama ditutup melemah. Bahkan indeks S&P 500 mencatat penutupan terendah dalam hampir dua tahun.

Selasa (27/9), indeks Dow Jones Industrial Average ditutup melemah 0,43% ke 29.134,99, indeks S&P 500 turun 0,21% menjadi 3.647,29 dan indeks Nasdaq Composite naik 0,25% ke 10.829,50.

Tujuh dari 11 sektor pada indeks S&P 500 turun, dengan sektor utilitas dan kebutuhan konsumen, masing-masing turun sekitar 1,7% dan memimpin pelemahan.

Sementara, sektor energi menguat 1,2% setelah Swedia meluncurkan penyelidikan kemungkinan sabotase setelah kebocoran besar di dua pipa Rusia yang memuntahkan gas ke Laut Baltik.

Dengan hasil kali ini, indeks utama S&P 500 sudah turun sekitar 24% dari rekor penutupan tertinggi pada 3 Januari.

Baca Juga: Wall Street Mulai Pulih dari Tekanan di Awal Perdagangan Selasa (27/9)

Pekan lalu, The Fed mengisyaratkan bahwa suku bunga tinggi dapat bertahan hingga 2023, dan indeks S&P 500 menghapus kenaikan terakhirnya dari reli musim panas dan mencatat penutupan terendah sejak November 2020.

S&P 500 pun sudah turun selama enam sesi berturut-turut, penurunan beruntun terpanjang sejak Februari 2020.

Katalis utama datang setelah Presiden The Fed St. Louis James Bullard membuat alasan untuk kenaikan suku bunga lebih lanjut, sementara Presiden The Fed Chicago Charles Evans mengatakan bank sentral perlu menaikkan suku setidaknya satu poin persentase tahun ini.

"Ini mengecewakan, tapi tidak mengejutkan," kata Robert Pavlik, Senior Portfolio Manager Dakota Wealth di Fairfield, Connecticut.

"Orang-orang khawatir tentang Federal Reserve, arah suku bunga, kesehatan ekonomi," tambah Pavlik.

Analis di Wells Fargo sekarang melihat bank sentral Amerika Serikat (AS) itu mengambil kisaran target untuk suku bunga dana The Fed menjadi antara 4,75% dan 5,00% pada kuartal I-2023.

Pada perdagangan ini, saham Tesla naik 2,5% dan Nvidia menguat 1,5%, dengan kedua perusahaan membantu menjaga indeks Nasdaq berakhir positif.

Trader menukarkan saham Tesla senilai lebih dari US$ 17 miliar, lebih banyak dari saham lainnya.

Baca Juga: Akhirnya, Wall Street Dibuka Naik Setelah Aksi Jual 5 Sesi Beruntun

Pada perdagangan hari Selasa, imbal hasil US Treasury tenor acuan 10-tahun menyentuh level tertinggi dalam lebih dari 12 tahun, di tengah komentar hawkish dari pejabat The Fed.

Kekhawatiran tentang keuntungan perusahaan yang terkena dampak dari melonjaknya harga dan ekonomi yang lebih lemah juga mengguncang Wall Street dalam dua minggu terakhir.

Analis telah memangkas ekspektasi pendapatan perusahaan pada S&P 500 untuk kuartal ketiga dan keempat, serta untuk setahun penuh.

Untuk kuartal ketiga, analis sekarang melihat laba per saham pada indeks S&P 500 hanya naik 4,6% secara tahunan, dibandingkan dengan pertumbuhan 11,1% yang diharapkan pada awal Juli.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru