Wall Street Ditutup Menguat, Saham Amazon.com Jadi Penopang

Selasa, 07 Juni 2022 | 08:00 WIB Sumber: Reuters
Wall Street Ditutup Menguat, Saham Amazon.com Jadi Penopang


WALL STREET - NEW YORK. Wall Street ditutup menguat di awal pekan ini. Tiga indeks utama mengakhiri sesi berombak dengan berada di zona hijau setelah Amazon.com dan saham pertumbuhan mega-cap menguat.

Senin (6/6), indeks Dow Jones Industrial Average ditutup menguat 0,05% menjadi 32.915,78, indeks S&P 500 naik atau 0,31% ke 4.121,43 dan indeks Nasdaq Composite terkerek 0,4% ke 12.061,37.

Sokongan bagi bursa saham Amerika Serikat (AS) datang setelah saham Amazon.com Inc naik 2%. Ini jadi kenaikan terbesar pada indeks S&P 500 dan Nasdaq setelah pengecer online tersebut melakukan stocks split. Di mana, 20 saham Amazon menjadi 1.

Selain Amazon.com, saham Apple Inc juga terkerek 0,5%. Raksasa teknologi pada konferensi pengembang perangkat lunak tahunannya mengumumkan antara lain bahwa mereka akan lebih mengintegrasikan perangkat lunaknya ke dalam sistem penggerak inti mobil.

Sementara itu, secara sektoral, saham sektor konsumen dan layanan komunikasi memiliki kenaikan terbesar hari ini.

Baca Juga: Wall Street Menguat di Awal Pekan, Investor Menunggu Data Inflasi AS

Namun, penguatan bursa saham AS ini cenderung terbatas karena investor tetap fokus pada inflasi dan kenaikan suku bunga. Laporan indeks harga konsumen AS pada hari Jumat diperkirakan menunjukkan inflasi yang masih tinggi, dan membuat imbal hasil US Treasury naik di awal pekan ini.

Sebuah laporan pekerjaan yang solid pada hari Jumat menurunkan harapan jeda dalam rencana pengetatan kebijakan agresif Federal Reserve untuk melawan inflasi.

"Ada dorongan-tarik di pasar sekarang untuk sementara waktu," kata Paul Nolte, Portfolio Manager Kingsview Investment Management di Chicago.

Laporan pekerjaan adalah bukti bahwa "ekonomi masih dalam kondisi baik-baik saja," katanya. Tetapi "dengan inflasi yang berjalan agak tinggi dan harga komoditas masih naik dan mencapai titik tertinggi baru sepanjang masa, mungkin puncak inflasi itu masih ada di masa depan yang halus itu."

Sentimen yang membantu meringankan tindakan keras regulasi di China dan tanda-tanda di beberapa bagian China kembalinya aktivitas normal setelah terjadi wabah Covid-19 terbesar di negara itu dalam dua tahun.

Baca Juga: Lockdown di China Berakhir, Bursa Asia Berseri pada Senin (6/6)

Di sisi lain, saham Twitter Inc tergelincir 1,5%. Katalis datang setelah miliarder Elon Musk mengatakan, dia mungkin akan meninggalkan tawaran pembeliannya jika perusahaan media sosial itu gagal memberikan data tentang akun spam dan palsu.

Sementara, saham perusahaan China yang terdaftar di AS menguat setelah laporan bahwa regulator China menyimpulkan penyelidikan terhadap raksasa ride-hailing Didi Global Inc dan dua perusahaan lainnya. Pada sesi ini, saham KraneShares CSI China Internet ETF melonjak 4,7% dan Didi Global melesat 24,3%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru