Emiten

Bisa berupa aset atau perusahaan, Sarana Menara (TOWR) pertahankan strategi akuisisi

Senin, 07 Juni 2021 | 20:31 WIB   Reporter: Dityasa H. Forddanta
Bisa berupa aset atau perusahaan, Sarana Menara (TOWR) pertahankan strategi akuisisi

ILUSTRASI. Perusahaan menara dan infrastruktur telekomunikasi PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) belum berniat mematikan mesin ekspansi. Kabar pasar bahkan menyebut, emiten menara ini masih memiliki agenda ekspansi anorganik dengan mengakuisisi perusahaan menara lain.

PT Solusi Tunas Pratama Tbk (SUPR) disebut-sebut menjadi incaran TOWR. Ada sejumlah alasan target akuisisi entitas usaha milik Grup Djarum tersebut mengerucut pada perusahaan menara yang lebih kecil.

Salah satunya, bisnis menara yang memiliki karakteristik high barrier to entry. Karakteristik ini muncul lantaran butuh investasi besar supaya mampu bertahan di sektor ini. Perusahaan telekomunikasi yang memiliki menara juga satu per satu menjual menara miliknya untuk efisiensi.

Namun, stok menara milik operator telekomunikasi sudah mulai menipis. Sehingga, melirik perusahaan menara dengan skala yang lebih kecil menjadi pilihan paling logis.

Baca Juga: Sarana Menara Nusantara (TOWR) bakal menebar deviden Rp 1,4 triliun

Kontan.co.id telah meminta konfirmasi apakah SUPR sudah membuka pembicaraan terkait akuisisi. Namun, manajemen belum bersedia mengonfirmasi terkait kabar tersebut.

Secara terpisah, Wakil Direktur Utama TOWR Adam Gifari tak menampik pihaknya masih memiliki rencana untuk akuisisi. "Strategi kami memang mencakup akuisisi bisnis yang sejalan," ujar Adam kepada Kontan.co.id, Senin (7/6).

Namun, dia belum bersedia merinci target akuisisinya kali ini. Yang terang, akuisisi terbuka untuk aset menara. "Dan ada juga (target akuisisi) perusahaan," tandas Adam.

Baca Juga: Solusi Tunas Pratama (SUPR) siapkan capex hingga Rp 800 miliar tahun ini

Editor: Wahyu T.Rahmawati
Terbaru