Bursa Jumat (23/9) Segera Dibuka, Demi Cuan Cermati Rekomendasi Saham Berikut

Jumat, 23 September 2022 | 08:30 WIB   Reporter: Ridwan Nanda Mulyana
Bursa Jumat (23/9) Segera Dibuka, Demi Cuan Cermati Rekomendasi Saham Berikut


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) segera membuka jam perdagangan saham edisi hari ini, Jumat 23 September 2022. Sebelum memulai transaksi, simak prediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan rekomendasi saham untuk perdagangan hari ini, Jumat 23 September 2022.

Investor perlu tahu prediksi IHSG hari ini. Pasalnya, banyak sentimen yang bakal mempengaruhi IHSG dan harga saham hari ini.

Prediksi IHSG dan rekomendasi saham hari ini penting diketahui karena ada perubahan kebijakan moneter. Meskipun kebijakan moneter berubah, investor saham tetap bisa meraih cuan.

Seperti diketahui, Bank Indonesia (BI) mengerek suku bunga acuan sebesar 50 basis poin (bps) menjadi 4,25% pada Kamis 22 September 2022. Sementara itu, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Kamis (22/9) ditutup menguat 0,43% ke level 7.218,90.

Head of Research Jasa Utama Capital Sekuritas Cheril Tanuwijaya menyoroti, IHSG unggul dibandingkan bursa global yang merespons The Federal Open Market Committee (FOMC) dengan aksi jual. Meski BI menaikkan suku bunga di atas perkiraan pasar, tapi sejauh ini pasar domestik masih merespons secara positif.

"Investor asing yang masuk juga menjadi penopang penguatan IHSG hari ini. Net buy asing cukup besar hingga Rp 800-an miliar," terang Cheryl kepada Kontan.co.id, Kamis (22/9).

Baca Juga: Intip Rekomendasi Saham ADRO, BBRI, ESSA, dan MTDL untuk Perdagangan Jumat (23/9)

Analis Investindo Nusantara Sekuritas Pandhu Dewanto punya pandangan serupa. Penguatan IHSG pada Kamis menunjukkan optimisme pasar yang masih cukup kuat, meski terjadi kenaikan suku bunga The Fed di Amerika Serikat (AS) maupun di dalam negeri.

Selain pasar yang sudah mengantisipasi kenaikan suku bunga, laju IHSG juga tak lepas dari efek lonjakan harga komoditas global, terutama harga batubara yang kembali mendekati area tertingginya. Hal ini merupakan dorongan bagi saham sektor energi yang menjadi market leader.

Prediksi Pandhu, pada Jumat (23/9) IHSG akan bergerak dengan kecenderungan melanjutkan penguatan. Dengan target bergerak ke level 7.250 - 7.300, sedangkan area support berada di 7.128 - 7.170.

Secara teknikal, Head of Research NH Korindo Sekuritas Indonesia Liza Camelia Suryanata melihat adanya perbaikan pada gerak IHSG yang dalam beberapa hari terakhir gagal menembus area 7.200. 

Dengan penutupan Kamis (22/9) di area 7.218, maka bukan tak mungkin IHSG kembali ke arah bullish. Dengan catatan, mampu break out MA10 pada posisi 7.236 - 7.240. 

"Namun untuk penutupan pekan ini, mampu pertahankan support 7.210 saja sudah cukup menenangkan," kata Liza.

Sementara itu, Cheril mengingatkan bahwa potensi pelemahan IHSG masih terbuka. Terlebih, pelaku pasar juga masih menantikan pidato Gubernur The Fed Jerome Powell pada Sabtu pagi waktu Indonesia, terkait proyeksi ekonomi AS dan global.

Cheril prediksi IHSG pada hari ini, Jumat akan bergerak pada rentang 7.100 - 7.220. Pelaku pasar bisa mempertimbangkan untuk mengoleksi saham PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP), PT Buana Lintas Lautan Tbk (BULL), dan PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA).

Menimbang pergerakan pasar hari ini, Pandhu lebih menjagokan saham PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), PT Barito Pacific Tbk (BRPT), dan PT Indika Energy Tbk (INDY).

Target harga saham PGAS Rp 1.910. Sedangkan target harga saham BRPT Rp 885. Kemudian target harga saham INDY Rp 3.250.

Itulah prediksi IHSG dan rekomendasi saham pilihan untuk perdagangan hari ini, Jumat 23 September 2022. Ingat disclaimer on, segala risiko investasi atas rekomendasi saham di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Selanjutnya: Bursa Asia Kompak Melemah Pada Perdagangan Jumat (23/9) Pagi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru