Bursa Senin (15/6) Segera Dibuka, Awasi Saham ADRO ITMG BRIS CTRA SMRA PTPP INDF

Senin, 15 Agustus 2022 | 08:20 WIB   Reporter: Ridwan Nanda Mulyana
Bursa Senin (15/6) Segera Dibuka, Awasi Saham ADRO ITMG BRIS CTRA SMRA PTPP INDF

ILUSTRASI.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) segera memulai perdagangan saham edisi hari Senin 15 Agustus 2022. Sebelum melakukan transaksi, simak rekomendasi saham pilihan dari berbagai analis untuk perdagangan hari ini.

Head of Research Jasa Utama Capital Sekuritas Cheryl Tanuwijaya prediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini Senin (15/8/2022) berpotensi menguat, meskipun rawan koreksi. Cheryl prediksi IHSG Senin ini bisa terlebih dulu menguat dengan rentang pergerakan 7.100 - 7.230.

Optimisme sentimen global dan berkurangnya kekhawatiran inflasi menjadi faktor pendorongnya. "Bahkan saham-saham teknologi yang beberapa hari lalu terkoreksi dalam pun menguat signifikan," ujar Cheryl, Minggu (14/8/2022).

Meski begitu, pelaku pasar disarankan waspada. Sebab, ada potensi aksi profit taking lanjutan yang bisa membalikkan arah IHSG. Rekomendasi Cheryl, cermati saham PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS), PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO), dan PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG).

Saham ITMG pada perdagangan Jumat 12 Agustus 2022 ditutup di level 37.750 naik 150 poin atau 0,40%. Namun selama perdagangan pekan lalu, harga saham ITMG terakumulasi turun 1.450 poin atau 3,70%.

Analyst Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova melihat IHSG Senin ini berpeluang kembali menguat di tengah pasar Eropa dan Amerika Serikat (AS) yang masih tampak optimistis. Pasalnya setelah data inflasi AS bulan Juli turun ke 8,5%, ada secercah harapan terhadap kebijakan ekonomi Negeri Paman Sam.

Ekspektasi pasar, inflasi bulan Agustus akan kembali turun sehingga kebijakan suku bunga The Fed menjadi lebih longgar. Catatannya, perlu diperhatikan arah pergerakan harga minyak yang mengakibatkan meroketnya inflasi di AS.

"Jika kembali naik, maka kemungkinan bisa menjadi awal antisipasi pelaku pasar membaca arah ke depan akan kemungkinan kembali naiknya inflasi," kata Ivan kepada Kontan.co.id, Minggu (14/8).

Baca Juga: Dua Jagoan Saham Teknologi GOTO dan BUKA, Mana yang Lebih Menarik?

Investor juga akan mencermati arah pasar saham kawasan Asia secara umum, sembari menyimak rilis data neraca perdagangan. Prediksi Ivan, IHSG hari ini akan berada di area support terdekat 7.100 dan resistance di 7.181.

Equity Analyst Kanaka Hita Solvera William Wibowo menambahkan, secara teknikal kenaikan IHSG juga diwarnai oleh irasionalitas pasar yang terlihat dari banyaknya gap up dalam penguatan IHSG pekan lalu.

Faktor penggerak IHSG masih akan datang dari perbaikan kinerja emiten per Semester I-2022 dan gerak harga komoditas. Prediksi William, IHSG hari ini akan ada di area support 7.000 - 7.020 dan resistance pada 7.200.

Pelaku pasar bisa menimbang untuk mengoleksi saham PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES), PT Elnusa Tbk (ELSA), PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN), PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX), dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA).

Secara teknikal, Research Analyst Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan melihat lower high dan lower low disertai stochastic yang membentuk deadcross, mengindikasikan potensi pelemahan jangka pendek. Support 1 diprediksi pada 7.107 dan support 2 di 7.085, lalu resistance 1 di 7.156 dan resistance 2 pada 7.183.

Pelaku pasar akan mencermati beberapa data ekonomi, terutama trade balance. "Selan itu pasar diperkirakan bergerak terbatas karena hari perdagangan yang lebih sedikit di pekan ini," sebut Dennies.

Saran Dennies, hold saham PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR), PT Summarecon Agung Tbk (SMRA), PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA), dan PT PP (Persero) Tbk (PTPP). Rekomendasi lainnya, speculative buy PT Ciputra Development Tbk (CTRA).

Sementara itu, Ivan menyarankan pelaku pasar mencermati pergerakan saham PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM), PT Indosat Tbk (ISAT), PT Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR), dan PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF).

Itulah rekomendasi saham untuk dicermati pada perdagangan hari ini, Senin 15 agustus 2022. Ingat disclaimer on, segala risiko investasi atas rekomendasi saham di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru