Elang Mahkota Group (EMTK) berinvestasi US$ 375 juta ke Grab Indonesia

Senin, 26 Juli 2021 | 22:20 WIB   Reporter: Dimas Andi
Elang Mahkota Group (EMTK) berinvestasi US$ 375 juta ke Grab Indonesia

ILUSTRASI. PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) resmi investasi ke Grab Indonesia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Elang Mahkota Group Tbk (EMTK) mengonfirmasi telah berinvestasi dana sebesar US$ 375 juta atau setara Rp 5,43 triliun ke PT Grab Teknologi Indonesia. (US$ 1 = Rp 14.500) 

Managing Director Emtek Group Sutanto Hartono mengatakan, investasi dengan Grab akan menciptakan kerja sama yang lebih strategis antar kedua perusahaan. Baik Emtek dan Grab juga berkesempatan mengeksplorasi berbagai bidang bisnis untuk digarap bersama-sama.

Portofolio bisnis Emtek pun semakin bertambah, khususnya di kategori perusahaan teknologi. Sebelumnya, Emtek juga telah berinvestasi di Bukalapak sejak tahun 2014. Dengan begitu, akan sangat memungkinkan bagi Emtek untuk berkolaborasi bisnis dengan Grab dan Bukalapak sekaligus.

“Kami yakin bisa menjalin kolaborasi dengan Grab dan Bukalapak. Kami memiliki visi yang sama untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia yang lebih baik,” ujar Sutanto saat konferensi pers virtual, Senin (26/7).

Baca Juga: Emtek (EMTK) menyetor modal Rp 3 triliun ke Grab Teknologi

Salah satu bentuk kerja sama strategis yang terdekat antara Emtek dan Grab adalah percepatan digitalisasi sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Rencananya, September nanti kedua entitas ini menghelat ajang Festival Kota Mapan di Solo yang ditargetkan diikuti oleh lebih dari 1.000 UMKM.

Lewat ajang ini, Emtek dan Grab akan memberi pelatihan, pemberdayaan, kurasi, solusi bisnis dan teknologi, hingga akses menuju pasar domestik dan mancanegara kepada para UMKM.

Festival Kota Mapan kelak juga akan hadir di kota-kota Indonesia lainnya dengan semangat membawa UMKM ke ekosistem ekonomi digital.

Sementara itu, Country Managing Director of Grab Indonesia Neneng Goenadi menambahkan, di luar Festival Kota Mapan, Grab sudah memiliki bentuk kerja sama lain dengan entitas Grup Emtek, termasuk pula dengan Bukalapak.

Misalnya, Grab menawarkan paket bundling di mana konsumen yang memesan layanan Grabfood akan mendapat bonus subscription aplikasi Vidio yang dikelola Emtek. Grab juga sudah bekerja sama dengan Bukalapak dalam hal pengantaran barang, pembayaran, dan lain sebagainya.

“Kami yakin kerja sama antara Grab dan Emtek akan mempercepat arah pemulihan ekonomi nasional,” tukasnya.

 

 

 

Selanjutnya: Harga emas spot tergelincir ke bawah US$ 1.800 per ons troi walau dolar AS melemah

 

Editor: Anna Suci Perwitasari
Terbaru