Emiten-emiten Ini bagi Dividen Interim, Apa Rekomendasi Analis?

Rabu, 05 Oktober 2022 | 05:10 WIB   Reporter: Akmalal Hamdhi
Emiten-emiten Ini bagi Dividen Interim, Apa Rekomendasi Analis?

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Sederet emiten bakal membagikan dividen interim pada bulan Oktober. Investor yang tertarik bisa mencermati prospek pembagian dividen dari emiten-emiten tersebut.

Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan bahwa dari aksi pembagian dividen, penting untuk diperhatikan yaitu dividen yield dan dividen payout ratio. 

Kedua hal ini biasanya akan menjadi salah satu variabel perhitungan utama, meskipun lebih disukai menggunakan dividen yield

"Menggunakan Dividen yield, tentu saja kita bisa mengukur seberapa besar potensi keuntungan yang kita dapatkan dari dividen tersebut. Dan biasanya, tolak ukurnya berada di 5%," ucap Nico kepada Kontan.co.id, Selasa (4/10).

Baca Juga: Astra Agro Lestari (AALI) Bagi Dividen Interim Rp 85 Per Saham, Ini Jadwalnya

Nico bilang, apabila dividen yield yang kita dapatkan mendekati 5% atau justru bisa di atasnya maka hal tersebut dapat dikatakan tinggi.  "Tentu kita menginginkan dividen yield yang tinggi, agar kita mau untuk membeli saham tersebut," tambahnya.

Untuk diketahui, emiten yang akan membagikan dividen interim adalah PT Astra International Tbk (ASII), PT United Tractors Tbk (UNTR), PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI), PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS), PT Dana Brata Luhur Tbk (TEBE), PT Indo Kordsa Tbk hingga PT Reliance Sekuritas Tbk (RELI).

Adapun UNTR sudah lebih dulu cum dividen pada hari ini, Selasa (4/10). Emiten penjualan alat berat ini membagikan dividen interim sebesar Rp 818 per saham.
 

 

 

Baca Juga: Cum Date Dimulai Besok (4/10), Ini Jadwal Pembayaran Dividen Interim 3 Saham

Pada 7 Oktober 2022, TEBE dan RELI yang selanjutnya akan masuk masa cum di dividen. TEBE akan membagikan dividen total sebesar Rp 32,13 miliar, dimana setiap pemegang saham akan memegang dividen interim sebesar Rp 25.

Sementara RELI membagikan dividen interim sebesar Rp 16,98 miliar atau Rp 9,43 per saham. Kemudian, pada pekan depan, tanggal 11 Oktober 2022 akan menjadi giliran AALI, BRAM, ASII, dan SSMS. 

Kepada setiap pemegang sahamnya, BRAM akan membagikan dividen interim sebesar Rp 300 per saham. SSMS akan berbagi dividen interim sebesar Rp 710,98 miliar atau Rp 74,64 per saham.

Sementara, ASII dan AALI masing-masing membagikan dividen sebesar masing-masingRp 88 dan Rp 85 per saham.

Nico mencermati ASII, AALI, UNTR dari deretan emiten yang berbagi rezeki dividen kepada para pemegang sahamnya. Dividen emiten-emiten grup Astra tersebut dinilai menarik karena didukung fundamental perusahaan yang kuat. 

Baca Juga: Catat! Tiga Saham Ini akan Cum Date Dividen Pekan Ini

Sehingga, investor yang terpikat untuk mengoleksi saham ASII, AALI dan UNTR terjamin dari potensi koreksi saham setelah pembagian dividen usai.

"Hati hati terhadap koreksi yang terjadi setelah dividen usai. Jangan lupa juga, perhatikan tujuan dari pelaku pasar dan investor terhadap dividen tersebut," jelasnya.

Nico menuturkan, apabila investor hanya ingin mengambil dividen maka harus memperhatikan juga fundamental perusahaannya. Sebab, investor juga harus menilai dan mengukur seberapa besar keuntungan dari dividen, melihat fundamental dari perusahaan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru