Fokus Efisiensi, Supra Boga Lestari (RANC) Tak Bagikan Dividen untuk Tahun Buku 2022

Rabu, 07 Juni 2023 | 08:45 WIB   Reporter: Vina Elvira
Fokus Efisiensi, Supra Boga Lestari (RANC) Tak Bagikan Dividen untuk Tahun Buku 2022


EMITEN - JAKARTA. Emiten ritel, PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC) melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2023 pada Rabu (6/5). 

Salah satu keputusan dalam RUPST kali ini adalah perusahaan tidak melakukan penentuan penggunaan laba bersih dikarenakan perusahaan tidak mencetak laba bersih pada tahun 2022.

Direktur Utama Supra Boga Lestari Johartono Susilo memaparkan bahwa pada tahun 2022 pendapatan bersih RANC mengalami kenaikan 0,4% year on year (YoY) menjadi Rp 2,9 triliun. pada tahun 2021 pendapatan bersih perseroan tercatat sebesar Rp 2,89 triliun.

Namun demikian, meskipun ada kenaikan dari sisi top line, RANC justru mencatatkan kerugian sebesar Rp 83,75 miliar. 

Baca Juga: Supra Boga Lestari (RANC) Catat Rugi 83,67 Miliar pada 2022

“Hal ini disebabkan karena kenaikan yang diperoleh dari penjualan belum sebanding dengan meningkatnya biaya yang terjadi di sepanjang tahun 2022,” ungkap Johartono dalam acara Paparan Publik, pada Selasa (6/5). 

Dengan adanya kerugian tersebut, RANC pun memutuskan untuk tidak melakukan pembagian dividen. Sebab, perusahaan saat ini akan fokus pada efisiensi biaya operasional dengan menutup beberapa toko yang dianggap tidak produktif. 

Pada tahun 2022, RANC dan entitas anak melakukan realisasi investasi barang modal yang berupa penambahan aset tetap dan aset tidak lancar lainnya sejumlah Rp 54,7 miliar untuk keperluan operasional Perusahaan.

Lebih lanjut dia menambahkan, di tahun lalu perseroan berhasil melakukan inovasi dengan meluncurkan gerai Pasarina untuk pertama kalinya. 

 

 

“Gerai ini merupakan inovasi besar dari RANC yang menggabungkan konsep pasar tradisional yang dibalut dengan teknologi era modern, AI (Artificial Intelligence) 3 Dimensi, di mall legendaris Indonesia, Sarinah Mall,” tambahnya. 

Per 31 Desember 2022, RANC telah mengoperasikan 70 toko di Jabodetabek, Surabaya, Malang, Gresik, Semarang, Dumai, Pekanbaru, Palembang, Balikpapan, Samarinda dan Ambon, yang terdiri dari 19 Ranch Market, 35 Farmers Market, 2 The Gourmet by Ranch Market, 3 Day2Day by Farmers Market, 10 Farmers Family by Farmers Market, dan 1 Pasarina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru