Harga Saham GOTO Naik 100% Dalam Sebulan, Saatnya Jual atau Beli?

Rabu, 15 Juni 2022 | 08:20 WIB   Reporter: Adi Wikanto, Yuliana Hema
Harga Saham GOTO Naik 100% Dalam Sebulan, Saatnya Jual atau Beli?


REKOMENDASI SAHAM - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) segera membuka perdagangan saham edisi hari ini, Rabu 15 Juni 2022. Sebelum transaksi, simak rekomendasi saham GOTO untuk perdagangan hari ini (15/6). 

Harga saham GOTO terus naik dalam sebulan terakhir. Saat harga terus naik, apakah sekarang saatnya untuk membeli atau menjual saham GOTO?

Harga saham GOTO pada perdagangan Selasa 14 Juni 2022 ditutup di level 400  naik 12 poin atau 3,09% dibandingkan sehari sebelumnya. Dalam lima hari terakhir, harga saham GOTO naik, dengan jumlah peningkatan 38 poin atau 10,50%.

Dalam sebulan terakhir, harga saham GOTO meningkat lebih dahsyat lagi, yakni mencapai 100%. Pada 17 Mei 2022, harga saham GOTO masih berada di level 200.

 

 

Bersamaan dengan kenaikan harga, saham GOTO berhasil menempati posisi ketiga sebagai saham dengan kapitalisasi terbesar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Pada akhir perdagangan Selasa (14/6), kapitalisasi pasar GOTO mencapai Rp 474 triliun. Nilai kapitalisasi pasar GOTO melesat dari awal listing di BEI hanya sebesar Rp 400,31 triliun pada kala itu.

GOTO berhasil menggeser saham TLKM yang selama ini menjadi pemilik kapitalisasi pasar terbesar ketiga di BEI.

Analis Kiwoom Sekuritas Abdul Azis menyatakan bahwa saham GOTO belum cukup menarik untuk dikoleksi jangka panjang. Pasalnya, pada kuartal pertama GOTO masih mencatatkan rugi.

Untuk mengingatkan, secara proforma margin EBITDA yang disesuaikan GOTO mencatatkan proforma margin EBITDA yang disesuaikan sebesar minus Rp 4,5 triliun pada kuartal pertama 2022. Nilai tersebut meningkat 104% dari kuartal pertama 2021 yang hanya minus Rp 1,9 triliun.

"Di sisi lain, valuasi masih terbilang mahal berpotensi adanya penurunan pada saham GOTO. Walaupun begitu dari segi teknikal dapat dilakukan trading buy untuk jangka pendek, tetapi tetap perhatikan risiko yang ada," imbuhnya.

Sementara, Vice President Infovesta Utama Wawan Hendrayana menuturkan secara fundamental GOTO berbeda dengan saham big caps lainnya, seperti BBCA, BBRI, TLKM dan BMRI. 

Menurutnya, naik turun harga GOTO saat ini tergantung pada persepsi investor akan proyeksi pertumbuhan pendapatan dari perusahaan teknologi ini.

Dia bilang kalau saat ini sedang naik berarti GOTO dipandang punya proyeksi peningkatan sehingga diminati. Namun, kenaikan ini juga bisa cepat berbalik kalau ada persepsi pelaku pasar atau investor berubah.

"Investor harus berhati-hati sekali karena harus memahami ini perusahaan masih merugi, jadi dipegang jangka panjang pun tidak ada jaminan untuk profit sebagai perusahaan. Harus punya exit strategy yang jelas, satu profit taking yang jelas, kedua cut loss point disiplin," pungkasnya.

Itulah rekomendasi saham GOTO untuk perdagangan hari ini, Rabu 15 Juni 2022. Ingat disclaimer on, segala risiko investasi atas rekomendasi saham GOTO di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru