IHSG Menguat 2,97% dalam Sepekan, Simak Proyeksinya untuk Pekan Depan

Sabtu, 28 Mei 2022 | 06:00 WIB   Reporter: Ika Puspitasari
IHSG Menguat 2,97% dalam Sepekan, Simak Proyeksinya untuk Pekan Depan


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melesat 142,75 poin atau 2,07% ke level 7.026,25 pada akhir perdagangan Jumat (27/5).

Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana menjelaskan, penguatan IHSG hari ini Jumat (27/5) lebih dipengaruhi oleh pergerakan bursa global. 

"Dapat kita cermati untuk pergerakan bursa Amerika Serikat dan regional Asia yang kompak menguat, yang diperkirakan karena data pengangguran turun dan outlook penjualan ritel cenderung solid," ungkapnya kepada Kontan.co.id, Jumat (27/5).

Baca Juga: IHSG Melonjak 2,07% ke 7.026 di Akhir Perdagangan Jumat (27/5), Asing Beli Saham Bank

Sementara itu, di IHSG terdapat inflow asing sebesar Rp 1,37 triliun hari ini, namun demikian Herditya bilang, para investor masih menanti dan mengawasi aka perkembangan kebijakan moneter dari The Fed.

Dalam sepekan ini, IHSG juga tercatat menguat 2,97%. Herditya menambahkan, dalam sepekan ini ada beberapa katalis yang menyelimuti pergerakan IHSG. Misalnya saja optimisme investor akan perekonomian AS yang solid di tengah pengetatan kebijakan The Fed.

Selain itu, presiden AS yang kembali mempertimbangkan tarif impor China dan kebijakan BI yang masih tetap mempertahankan BI 7 day reverse repo rate turut menjadi katalis penggerak IHSG.

Untuk Senin (30/5), ia memperkirakan IHSG masih berpeluang untuk menguat meskipun tidak menutup kemungkinan adanya koreksi wajar.

 Adapun support berada di 6.926 dan resisten di  7.040. Ia bilang salah satu sentimen pekan depan ada rilis data inflasi Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru