IHSG Menguat, Berikut Proyeksi dan Rekomendasi Saham untuk Perdagangan Rabu (6/7)

Rabu, 06 Juli 2022 | 05:30 WIB   Reporter: Yuliana Hema
IHSG Menguat, Berikut Proyeksi dan Rekomendasi Saham untuk Perdagangan Rabu (6/7)


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi kembali rebound pada perdagangan Rabu (6/7). Adapun IHSG menutup perdagangan hari ini, Selasa (5/7), dengan naik 0,97% ke posisi 6.703,26. 

Senior Technical Analyst Henan Putihrai Sekuritas, Liza Camelia menjelaskan, tekanan jual pada IHSG dalam rangka cool down sesuai dengan ekspektasi, di tengah liburnya pasar saham Amerika Serikat. 

Dia menambahkan, secara teknikal memang IHSG telah sampai pada area support dari level previous low di area 6.600-6.500. Di sisi lain, banyak saham juga sudah sampai di area support dalam jangka panjang. 

"Strategi Buy on Weakness serta posisi beli bertahap tetap paling bijak dilakukan. Ingat bahwa banyak saham-saham yang jatuh dalam, jadi gunakan MA10 terlebih dulu sebagai target harga terdekat," jelas Liza kepada Kontan, Selasa (5/7). 

Baca Juga: IHSG Rebound 0,97% ke Level 6.703 pada Penutupan Perdagangan Selasa (5/7)

Untuk perdagangan besok, Liza memperkirakan volatilitas masih akan tinggi. Dia bilang investor harap maklum jika jalan bergelombang masih menjulang di depan.

Sementara, Equity Analyst Kanaka Hita Solvera William Wibowo menilai pelemahan nilai tukar rupiah dan naiknya level PPKM di Jabodetabek berpotensi mempengaruhi IHSG besok. 

"Selain itu ancaman resesi global di semester dua mengingat banyak negara sedang mengalami krisis energi dan pangan," kata dia. 

William meramal IHSG akan support 6.500 dan resistance 6.800. Untuk perdagangan besok, investor bisa mencermati sektor consumer non-cyclical, kesehatan dan infrastruktur.

Baca Juga: Simak Rekomendasi Saham PWON, FILM, dan TBIG untuk Perdagangan Rabu (6/7)

Analis Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan mengatakan IHSG  berpeluang membentuk bullish harami, jika melanjutkan rebound ke atas 6.730. Pola tersebut merupakan sinyal rebound hingga minor bullish reversal

"Jika rebound tertahan di 6,730, waspadai potensi koreksi dengan support area 6.600-6.640," jelas Valdy. 

Baca Juga: IHSG Melesat 1,5% ke 6.740,6 di Sesi Pertama, Hampir Seluruh Indeks Sektoral Menguat

Valdy bilang saham-saham commodity-related diperkirakan kembali menjadi mover IHSG untuk perdagangan besok. Hal ini dipicu ekspektasi berlanjutnya rebound harga komoditas energi. 

Pelaku pasar dapat mencermati peluang technical rebound lanjutan pada sejumlah saham komoditas, seperti ADRO, HRUM, ITMG, PTBA, PGAS dan ANTM. Dia menyarankan meski akumulasi beli jangan terlalu agresif meningkat rebound hari ini belum didukung volume.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru