IHSG Sudah Naik Tiga Hari, Simak Rekomendasi Saham untuk Jumat (20/5)

Jumat, 20 Mei 2022 | 06:55 WIB   Reporter: Ridwan Nanda Mulyana
IHSG Sudah Naik Tiga Hari, Simak Rekomendasi Saham untuk Jumat (20/5)


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat selama tiga hari beruntun. IHSG mampu ditutup menguat 29,92 poin atau 0,44% ke level 6.823,33 pada Kamis (19/5).

Analis Jasa Utama Capital Sekuritas Cheryl Tanuwijaya mengungkapkan, penguatan IHSG ditopang harga saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) yang naik signifikan. Harga saham GOTO kemarin naik 12,90% ke level Rp 280 per saham.

"Seperti yang diketahui, kapitalisasi GOTO termasuk yang paling besar menopang IHSG," kata Cheryl kepada Kontan.co.id, Kamis (19/5).

Baca Juga: Wall Street Bergerak Mixed di Awal Perdagangan Kamis (19/5)

Kendati begitu, Cheryl melihat penguatan IHSG belum benar-benar kokoh. Pergerakan IHSG hari ini ditaksir berada pada rentang support 6.700 dan resistance di 6.900. Laju IHSG masih akan terbawa oleh sentimen global dan harga komoditas.

Cheryl memandang, bursa global masih menantikan rilis data klaim pengangguran Amerika Serikat (AS) sebagai pertimbangan bank sentral AS dalam melakukan normalisasi kebijakan moneternya. "Selain itu, harga komoditas yang melemah dan sikap risk off investor sewaktu-waktu bisa membebani kinerja IHSG," imbuh dia.

Sementara itu, Equity Analyst Kanaka Hita Solvera Andhika Cipta Labora menilai pada perdagangan besok IHSG rawan terpapar aksi profit taking yang dilakukan oleh pelaku pasar. Sehingga IHSG berpotensi terkoreksi ke level 6.780 - 6.800

Baca Juga: IHSG Diproyeksi Melanjutkan Penguatan pada Jumat (20/5)

Adapun level support ditaksir berada di posisi 6.800 dan resistance pada 6.851. "Market global masih dipengaruhi oleh The Fed yang berencana menaikkan suku bunga lagi pada bulan Juni sebesar 50 basis point," kata Andhika.

Sedangkan Research Analyst Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan melihat IHSG besok berpotensi menguat terbatas. Secara teknikal, candlestick membentuk higher high dan higher low mengindikasikan potensi penguatan. Pergerakan masih akan didorong rilis kinerja emiten per kuartal pertama 2022.

"Namun penguatan ini diperkirakan akan bersifat sementara karena masih akan ada tekanan dari sentimen global terkait inflasi berkepanjangan dan kebijakan The Fed ke depan," kata Dennies.

Dia memprediksi IHSG bergerak dengan support 1 di 6.678 dan support 2 pada 6.533. Kemudian resistance 1 di 6.909 dan resistance 2 pada 6.995.

Baca Juga: Saham GOTO Rebound Tiga Hari Berturut-Turut, IHSG Sukses Berada di Zona Hijau

Dalam perdagangan besok, Andhika memberikan rekomendasi buy untuk saham BBHI, ANTM, LSIP, dan RALS. Sedangkan Cheryl merekomendasikan buy saham BBYB dengan target harga di Rp 1.400 dan stop loss pada Rp 1.280.

Cheryl juga menyarankan buy saham SIDO dengan target harga Rp 990 dan stop loss di Rp 930. Kemudian, pelaku pasar bisa mempertimbangkan hold saham AALI dan ANTM, serta sell GOTO, DSSA, dan ARTO

Sementara itu, Dennies memberi rekomendasi hold untuk INDF dan HMSP, serta speculative buy BBRI. Lalu, investor bisa mempertimbangkan sell TOWR dan BRPT. Selain itu, saham-saham yang bisa dicermati adalah MEDC, BBNI, DMAS, dan DSNG.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru