Indo Tambangraya Megah (ITMG) Incar Ekspor Batubara ke Eropa pada Tahun Ini

Jumat, 06 Januari 2023 | 06:30 WIB   Reporter: Arfyana Citra Rahayu
Indo Tambangraya Megah (ITMG) Incar Ekspor Batubara ke Eropa pada Tahun Ini


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) mengincar ekspor batubara ke negara Eropa di tahun ini. Saat ini pihaknya masih dalam tahap penjajakan dan belum bisa memerinci mengenai rencananya ini. 

Direktur Indo Tambangraya Megah, Yulius Kurniawan Gozali menjelaskan prospek bisnis batubara di sepanjang tahun ini masih baik. Harga batubara masih akan berfluktuasi dan terjaga di level yang tinggi.

“Hal ini dikarenakan masih terbatasnya pasokan batubara, berlanjutnya konflik geopolitik, dan tingginya harga komoditas energi yang lain, seperti gas,” jelasnya kepada Kontan.co.id, Kamis (5/1). 

Baca Juga: Kenaikan Harga Jual batubara Mengerek Pendapatan Indo Tambangraya (ITMG)

Melihat prospek yang baik tersebut, Yulius mengakui, pihaknya membidik negara tujuan baru yakni ke Eropa. Dia mengakui ada beberapa potensi yang sudah dijajaki. 

“Nanti kita lihat perkembangannya lebih lanjut,” jelasnya. 

Karakteristik batubara yang diproduksi ITMG yakni batubara kalori tinggi memang cocok untuk pasar Eropa. Adapun selama ini batubara kalori tinggi ITMG dijual ke Tiongkok dan Jepang. Sepanjang 2022, ITMG menargetkan volume produksi antara 16,9 - 17,1 juta ton batubara. Adapun volume penjualan yang dibidik ITMG di kisaran 19 juta ton hingga 19,5 juta ton. 

Sampai September 2022, ITMG memproduksi batu bara sebanyak 12,3 juta ton di tengah curah hujan yang tinggi. Sementara itu, volume penjualan tercapai sebanyak 13,8 juta ton, yang dipasarkan ke Tiongkok sebanyak 4,2 juta ton, Indonesia (2,9 juta ton), Jepang (1,9 juta ton), Filipina (1,1 juta ton), India (1,0 juta ton), dan negara-negara lain di Asia Pasifik. 

 

 

Pada Januari-September 2022, rata-rata harga jual batu bara di US$ 190 per ton, naik 113% dari US$ 89 per ton pada kurun waktu yang sama tahun lalu. Kenaikan yang signifikan ini memungkinkan ITMG membukukan penjualan bersih sebesar US$ 2,6 miliar atau 98% lebih tinggi daripada periode yang sama tahun lalu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru