Rekomendasi

Indonesia-Tesla tandatangani NDA, saham emiten nikel ini direkomendasikan beli

Kamis, 04 Februari 2021 | 19:24 WIB   Reporter: Benedicta Prima
Indonesia-Tesla tandatangani NDA, saham emiten nikel ini direkomendasikan beli

ILUSTRASI. Pertambangan nikel

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kesepakatan Non-Disclosure Agreement (NDA) antara Pemerintah Indonesia dengan tim dari perusahaan otomotif listrik terbesar di Amerika Serikat (AS) Tesla telah ditandatangani.

Kabar baik ini diumumkan oleh Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Rabu (4/2). Namun mengenai isi detail perjanjian tersebut masih belum dibeberkan oleh pemerintah.

Analis Panin Sekuritas Juan Oktavianus mengatakan, kabar ini menjadi sentimen positif bagi emiten nikel, namun tetap perlu diikuti perkembangannya mengenai besaran investasi serta skema berinvestasi di dalam negeri supaya mendapatkan gambaran prospek ke depan seperti apa.

Sentimen positif ini juga sudah terlihat di pergerakan saham emiten nikel seperti PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang menguat 3% ke level Rp 2.400. ANTM mendapatkan sentimen positif dari NDA ini lantaran sudah tergabung dengan konsorsium BUMN yang mengerjakan dari hulu.

"Untuk NDA ini akan menjadi sentimen positif untuk emiten nikel khususnya ANTM namun kita lihat market sudah priced in dengan sentimen ini dikarenakan sebelumnya sudah diberitakan Tesla bergabung terkait dengan industri baterai mobil listrik," jelas Juan, Kamis (4/2).

Kendati sudah priced in, Juan melihat emiten nikel masih cukup positif seiring dengan potensi meningkatnya permintaan dari industri baja dari pemulihan aktivitas manufaktur serta potensi permintaan ke depan dari baterai mobil listrik.

Dus Juan merekomendasikan beli ANTM dengan target harga Rp 3.700 dan PT Vale Indonesia Tbk (INCO) dengan target harga Rp 8.900.

Editor: Yudho Winarto


Terbaru