Ini sentimen yang bakal memengaruhi pasar keuangan Indonesia sepekan ini

Kamis, 30 September 2021 | 05:55 WIB   Reporter: Achmad Jatnika
Ini sentimen yang bakal memengaruhi pasar keuangan Indonesia sepekan ini

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pasar modal masih berpotensi untuk bergerak fluktuatif hingga awal kuartal IV/2021. Beberapa faktor yang berpotensi mempengaruhi diantaranya yaitu sentimen Evergrande dan juga tapering off oleh The Fed. 

Dalam riset mingguannya, Infovesta melihat, Evergrande yang merupakan perusahaan pengembang properti China yang mengalami kesulitan likuiditas sehingga risiko gagal bayar hutang sebesar US$ 305 miliar pun meningkat. 

Selain itu, Fitch Ratings turut memangkas proyeksi pertumbuhan China dari 8,4% menjadi 8,1% akibat perlambatan di sektor properti di mana sejak awal tahun hingga kuartal II/2021 jumlah obligasi korporasi China tercatat default mencapai US$ 18 miliar. 

Baca Juga: Sempat ada penarikan besar-besaran, begini perjalanan industri reksadana

Berikutnya, Infovesta mengamati, The Fed menyatakan bahwa akan segera mengurangi pembelian bulanan obligasi sebesar US$ 120 miliar apabila terdapat satu lagi laporan pekerjaan yang baik sebagai tanda bahwa ekonomi siap untuk pengurangan stimulus.  

“Pengurangan stimulus juga diiringi dengan kenaikan suku bunga yang menyusul sebelum tahun 2022. Namun, hal ini belum mempengaruhi investor asing karena selama sepekan lalu masih mencatatkan net buy sebesar Rp 2,50 triliun,” dalam risetnya. 

Dari dalam negeri, Infovesta melihat Bank Indonesia (BI) sendiri masih mempertahankan tingkat suku bunga acuan BI 7 Days Reverse Repo rate di level 3,5% pada bulan September 2021 dan juga kasus Covid-19 yang terus mengalami penurunan kasus setiap harinya diiringi dengan level PPKM yang terus menurun.

Baca Juga: Investor Reksadana Kian Cerdas, Tak Gampang Panik Lagi

Editor: Noverius Laoli
Terbaru