Itama Ranoraya (IRRA) jajaki peningkatan kerja sama dengan Abbot

Selasa, 15 Desember 2020 | 07:05 WIB   Reporter: Arfyana Citra Rahayu
Itama Ranoraya (IRRA) jajaki peningkatan kerja sama dengan Abbot


EMITEN - JAKARTA. PT Itama Ranoraya Tbk (IRRA) emiten yang bergerak di bidang peralatan dan perlengkapan medis berteknologi tinggi (HiTech Healthcare Solutions)  telah mendapatkan order untuk pengadaan  Produk Covid Swab Antigen Test dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Order tersebut terdiri dari dua tahap, rinciannya tahap I sebanyak 200.000 unit  dan tahap II sebanyak 400.000 unit sehingga totalnya sebanyak 600.000 unit produk Covid Swab Antigen Test.

Direktur Utama Itama Ranoraya, Heru Firdausi Syarif mengungkapkan  order pertama sebanyak 200.000 unit didapatkan perseroan di Oktober lalu dan pada pekan lalu kembali mendapatkan order sebanyak 400.000 ribu unit untuk  pengadaan  Produk Covid Swab Antigen Test.

“Sampai saat ini pesanan yang telah kami selesaikan sebanyak 600.000 unit Panbio untuk BNPB, Oktober untuk pengiriman dari Order pertama dan Desember, Minggu lalu untuk order yang kedua,” ungkap Heru dalam keterangan resmi, Senin (14/12).

Baca Juga: Itama Ranoraya (IRRA) targetkan akuisisi Oneject rampung tahun depan

Produk Covid Swab Antigen Test IRRA milik Abbott dengan nama Panbio ini telah mendapat approval dari WHO (World Health Organization). Antigen Test ini merupakan tes cepat diagnostik in vitro untuk deteksi kualitatif antigen SARS-CoV-2 (Ag) pada spesimen usap nasofaring manusia dari individu yang memenuhi kriteria klinis dan / atau epidemiologi COVID-19. Akurasinya lebih bagus dibandingkan Rapid Test.

Direktur Pemasaran dan Penjualan IRRA Hendry Herman mengungkapkan produk Covid Swab Antigen Test milik Abbot baru mulai dipasarkan di kuartal IV 2020.

IRRA melihat permintaan untuk produk ini tidak hanya dari pemerintah namun juga swasta seperti pelaksanaan test swadaya yang dilakukan perusahaan-perusahaan untuk karyawannya maupun masyarakat secara mandiri.

Adapun produk Swab Antigen Test yang sudah mendapat rekomendasi dari WHO tersebut, memiliki tingkat sensitivitas 98,2% dan spesifisitas 99,4% (khusus untuk virus Covid-19) dengan waktu tes dan hasil 15-20 menit.

“Kami optimis untuk produk Covid Swab Antigen Test ini akan menjadi convenience goods dalam masa Pandemi ini, selain kemudahan dalam penggunaannya serta harga yang terjangkau. Produk ini direkomendasi oleh WHO sebagai alat test untuk Covid-19” ungkap Hendry.

Ke depan IRRA akan menjajaki peningkatan hubungan kerja sama dengan Abbot untuk Produk Covid Swab Antigen Test Panbio. Begitu juga untuk rencana Swab Antigen Panbio untuk bisa diproduksi di dalam negeri, melalui PT Oneject Indonesia (Oneject) yang merupakan sister company perseroan bersama partner perusahaan healthcare internasional.

Baca Juga: Ini alasan Itama Ranoraya (IRRA) optimistis kinerja 2020 di atas target

Realisasi penjualan produk Covid Swab Antigen Test perseroan tersebut,  melengkapi capaian Itama Ranoraya di tahun ini.

Sebelumnya di kuartal IV 2020, tepatnya di awal November lalu, IRRA mendapatkan kontrak untuk memasok 45 unit mesin plasma Convalescent ke Rumah Sakit Rujukan Covid-19 dari Kementerian Kesehatan.

Pada akhir November IRRA mendapatkan kontrak pengadaan sebanyak 111 juta pieces jarum suntik ADS untuk program Covid-19, juga dari Kementerian Kesehatan. Dengan raihan tersebut Perseroan optimistis target tahun ini terlampaui, bahkan perseroan yakin performa laba bersih bisa tumbuh di atas 30%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru