Nusatama Berkah (NTBK) Raih Kontrak Baru Sebesar Rp 90 Miliar hingga Mei

Kamis, 23 Juni 2022 | 08:15 WIB   Reporter: Nur Qolbi
Nusatama Berkah (NTBK) Raih Kontrak Baru Sebesar Rp 90 Miliar hingga Mei


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten yang bergerak di industri fabrikasi kendaraan spesial PT Nusatama Berkah Tbk (NTBK) memperoleh kontrak baru senilai Rp 90 miliar sejak awal tahun sampai dengan akhir Mei 2022. Kontrak baru tersebut didapat dari pelanggan baru dan pelanggan lama perusahaan.

Beberapa contohnya adalah kontrak jangka panjang selama dua tahun dari PT Prima Transportasi Servis Indonesia (PTSI), bagian dari PT Riau Andalan Pulp & Paper (RAPP), salah satu produsen pulp & paper terbesar di Indonesia senilai Rp 22,45 miliar. Pada tahun 2022, realisasi kontraknya baru sebesar Rp 7,5 miliar.

Kemudian, ada perolehan kontrak dari PT Bina Sinar Amity (BSA Logistics Indonesia) melalui PT Surya Sudeco (Tunas Rent), di bawah naungan PT Tunas Ridean Tbk (TURI) sebesar Rp 7,4 miliar. Ada juga perolehan kontrak baru dari PT Sentra Multi Karya (authorized dealer dari truk merk Sitrak) sebesar Rp 28 miliar untuk tahun 2022.

Produk-produk yang dipesan merupakan produk yang langka di Indonesia dan terbilang sangat mutakhir dengan tantangan engineering yang rumit dan canggih. Contohnya adalah B-Triple Superlink NaOH (Caustic Soda) Carrier (kereta tempelan 3 tangki NaOH dengan kapasitas 32-32-17KL) yang merupakan kendaraan semi-trailer dengan tiga gandengan.

Baca Juga: London Sumatra Indonesia (LSIP) Catatkan Laba Bersih Rp 305 Miliar di Kuartal I-2022

Kemudian, Movable Curtain Trailer yakni semi-trailer high bed flat deck dengan panjang 16 meter dan lebar 3 meter dengan tirai yang bisa dibuka dan ditutup. Ini merupakan hasil rekayasa engineering bersama BSA Logistics (Sinarmas Group) yang akan digunakan di PT OKI Pulp & Paper di Palembang, yang merupakan produk khusus industri hilir kehutanan.

Ada juga kontrak pengadaan truk merek Sitrak yang merupakan truk canggih berteknologi Jerman buatan China untuk menyasar pasar-pasar minerba, pertambangan, dan logistik di Indonesia.

Presiden Direktur NTBK Bambang Susilo mengatakan, penambahan modal kerja dari hasil initial public offering (IPO) menjadi katalis yang memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan dan menjalankan kontrak-kontrak manufacturing yang prestisius dan high profile. Pencapaian ini didukung oleh keberhasilan Nusatama dalam pertumbuhan penjualan dan penguatan sinergi di semua lini usaha.

"Nusatama terus melakukan inovasi dan perbaikan dalam bidang manufacturing, rekayasa engineering, optimalisasi produksi dan penjualan, serta penetrasi ke pasar dan pelanggan baru," kata Bambang dalam  keterangan tertulisnya, Rabu (22/6).

Produk unggulan Nusatama Special Vehicle yakni Logging Pole Trailer berhasil memperkuat posisinya di pangsa pasar industri logging Indonesia. Total pemesanan hingga Mei 2022 sebanyak 23 unit senilai lebih dari Rp 19 miliar.

Baca Juga: Harga Jual Naik, Volume Penjualan Semen Indocement (INTP) Turun Tipis

Corporate Secretary NTBK Felik Widyo Makuprathowo menambahkan, untuk semester 2 tahun 2022, Nusatama optimistis akan terus mendapatkan perolehan kontrak baru sebesar Rp 30 miliar-Rp 100 miliar. Hal ini seiring dengan kapasitas produksi Plant Narogong yang terus ditingkatkan yang saat ini mencapai progres 30%.

"Peningkatan kapasitas tersebut akan dibarengi dengan peningkatan kualitas SDM melalui rekrutmen tenaga ahli berpengalaman yang baru serta implementasi sistem produksi terintegrasi Nusatama yang ditargetkan akan berjalan penuh dan optimal di kuartal 3 tahun 2022," ucap Felik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru